Selasa, 20 April 2010

Sufi Hakiki Dan Sufi Palsu bag.1

Orang2 yg mengikuti perjalanan ruhani menuju ALLAH (ahli suluk atau ahli thariqah) terbagi dua golongan.

YANG PERTAMA ialah golongan ahlussunah wal jama'ah.Mereka mematuhi ajaran Al Qur'an dan As Sunnah.Mereka mengikuti panduan dalam perkataan dalam bertindak,dalam pemikiran dan dalam perasaan mereka.Mereka mengikuti maksud di dalam hati atau intisari yg tersirat dan yg terpendam dalam ajaran islam.Mereka sangat paham dan tak mengikuti,mereka mematuhi ajaran islam sepenuhnya,menghayati,dan menikmati manisnya ajaran dan prinsip ibadah bukan karna paksaan,tetapi mereka merasa nikmat melakukanya.Inilah jalan keruhanian yg mereka patuhi.Mereka adalah kaum pecinta ALLAH yg sebenarnya.

Ada sebagian dari mereka yg dijanjikan dgn surga tanpa di hisab terlebh dahulu di hari pengadilan.Ada sebagian merasakan sedikit azab di hari pembalasan.Kemudian dimasukan ke surga.Ada pula yg terpaksa merasakan azab neraka untuk sekian lama guna membershkan dosa2 mereka sebelum dimasukan ke surga,tetapi tak ada yg berada selama2nya dalam neraka itu.Yang kekal dalam neraka ialah orang2 kafir dan orang2 munafik.

YANG KEDUA ialah kaum yg sesat atau kaum sufi yg palsu terdiri dari berbagai golongan,diantara golongan yang sesat antara lain :

1. Golongan Hululiyyah : mereka berpendapat adalah halal melihat badan orang yg bukan mahramnya,yg menggiurkan nafsu dan paras cantik yg bisa mendorong kepada zina,baik lelaki maupun wanita,siapapun baik anak atau istri orang.Mereka berbaur anatara lelaki dan wanita menari bersama sama.Hal ini jelas berlawanan dgn ajaran dan prinsip islam.

2. Golongan Haliyyah : mereka gemar menyanyi,menari,memekik,menjerit dan menepuk tangan.Konon dalam keadaan demikian mereka dapat mengatasi dan melampui hukum2 syariat islam.Tak perlu lagi bersyariat karna telah melampui peringkat syariat.Hal ini jelas sesat karna Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam sendiri pun mengikuti syariat,walaupun beliau kekasih ALLAH Subhana wa ta'alah.

3. Golongan Awliyaiyyah : mereka mendakwakan diri dekat dgn ALLAH.Dgn kata lain telah mencapai peringkat Awliyah ALLAH.Apabila telah jadi waliyullah tak perlu lg sholat,puasa,haji dan ibadah lainnya.Mereka berpendapat bahwa seorang wali menjadi Anak ALLAH dan dgn itu mereka lebh tinggi derajatnya dari Nabi.Mereka mengatakan bahwa ilmu atau wahyu sampai kepada Nabi melalui malaikat Jibril tetapi waliyullah menerima ilham atau hikmah langsung dari ALLAH.Pendapat mereka inilah salah dan sesat yg akan membawa mereka kpd kebinasaan dan akan menjerumuskan mereka ke lembah bid'ah dan kafir.

4. Golongan Syamuraniyyah : mereka percaya kalam/perkataan adalah kekal dan barangsiapa menyebut kalam yg kekal/kalam ALLAH itu tak terikat dgn hukum atau syariat islam.Mereka tak peduli dgn hukum halal atau haram.Dalam upacara ibadah mereka menggunakan alat musik.Wanita dan lelaki berbaur menjadi satu.Tak ada hijab lelaki dgn wanita.Ini sudah jelas dan menyimpang jauh dari ajaran Al Qur'an.

5. Golongan Hubbiyyah : golongan ini berkata bahwa apabila seseorang sampai ke peringkat cinta,mereka tak lagi berada di bawah hukum syariat.Mereka tak peduli dgn paksaan.Kadang mereka bertelanjang tak ada rasa malu pada diri mereka.Ini merupakan ajaran menyimpang.

6. Golongan Hurriyah : mereka senang berteriak2,memekik,menyanyi,katanya mendapatkan zawq/ekstase.Mereka mendakwa bahwa dalam keadaan zawq itu mereka bersenggama dgn bidadari.Setelah mereka keluar dari keadaan zawq mereka pun mandi hadas.Mereka tertipu oleh nafsu mereka sendiri.

7. Golongan Ibahiyyah : mereka tak menyuruh berbuat baik dan tak melarang berbuat jahat sebaliknya menghalalkan yg haram.Zinapun di halalkan.Bagi mereka semua wanita halal untuk semua lelaki.Ini merupakan golongan yg sesat dan miskin yg meminta sedekah dari rumah ke rumah.Mereka beranggapan bhw mereka menerima azab ALLAH yg hina.

8. Golongan Mutajahiliyyah : mereka berpura2 bodoh dan berpakaian tak senonoh dan bersikap seperti orang kafir.Padahal ALLAH berfirman dalam surah Huud 113 " dan janganlah kamu cenderung kepada orang2 yg zalim yg menyebabkan kamu disentuh api neraka".Begitupula Nabi dalam sabdanya "barangsiapa mencoba menyerupai suatu kaum maka mereka dikira sebagai ahli kaum itu".

9. Golongan Wafiqiyyah : mereka berpendapat Bahwa ALLAH yg mampu mengenal ALLAH.dgn itu mereka tak mau berusaha mencari hakekat atau kebenaran.Karna kebodohan mereka itu.Mereka ke jurang kerusakan dan kesesatan.

10. Golongan Ilhamiyyah : mereka ini mementingkan ilham.Tak mau menuntut ilmu dan tak mau belajar.Mereka berkata bahwa Al Qur'an adalah hijab bagi mereka.Mereka menggunakan puisi karangan mereka sebagai ganti Al Qur'an.Mereka membuang Al Qur'an dan meninggalkan ibadah sholat,puasa dll.Mereka mengajarkan anak2 mereka berpuisi sebagai ganti Al Qur'an.Maka sesatlah mereka.

Sebenarnya golongan sesat dari kaum yg mengaku dirinya sufi itu akan terus ada disetiap masa baik dari golongan kaum muslimin yg melenceng dari jalan yg benar maupun dari golongan kaum kafir juga.

BERSAMBUNG ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar