Kamis, 22 April 2010

Berhias Diri dengan Amal Ibadah.

I. Di antara tanda Ilmu yang bermanfaat.
1. Mengamalkannya.
2. Tidak suka sanjungan,pujian serta tak sombong terhadap dirinya dan orang lain
3. Bertambah tawadhu/rendah diri setiap kali bertambah ilmu.
4. Menghindar dari suka pujian,terkenal,di dunia,menghargai waktu yang telah diberikan.
5. Tak mengaku punya ilmu.
6. Merasa rendah,kekurangan,kosong dan berbaik sangka terhadap orang lain.

II. Mengeluarkan zakat atau bersadaqoh ilmu.
Tunaikan zakat ilmu untuk menyampaikan kebenaran menyeruh yg ma'ruf,melarang yg mungkar menjaga keseimbangan diantara mashlahat dan madharat menyebarkan ilmu.

Hati hatilah dgn penyakit yg tersembunyi dan janganlah karna alasan zaman yg sudah rusak,banyak orang fasik,nasehat tak berfaedah,banyak pergaulan mendorong engkau untuk tak menunaikan,melalaikan waktu untuk ibadah maka jika hal ini dilakukan kadang tanpa disadari ini merupakan perbuatan yg di inginkan oleh orang2 fasik,sombong dan bisa keluar meninggalkan keutamaan dan mengangkat bendera kehinaan.

IV. Izzatul Ulama (kemuliaan Ulama).
Untuk menjaga ilmu maka janganlah mau dimanfaatkan oleh nafsu dalam diri serta orang2 yg sombong dan bodoh.Janganlah berjalan dgnnya kepada ahli dunia.Berilah kenikmatan kpd penglihatan dan mata hatimu dgn mempelajari biografi dan riwayat para Imam Yg telah mendahului niscaya jika mempelajari pengorbanan jiwa dalam menjaga jalan ini.

V. Menjaga Ilmu
jika telah mendaptkan ilmu ingatlah semua yg engkau dapat itu karunia Allah maka berikanlah ilmu sesuai kedudukanya berupa mengamalkannya,menepatkan di tempat layak.
Lebih mendekatkan diri padaNYA ketimbang menggunakan waktu yg berlebihan hanya untuk bergaul atau masalah dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar