Sabtu, 17 April 2010

Asal Usul Tasawwuf

Karna timbulnya anggapan2 yg mengatakan tasawuf timbul dalam islam sesudah umat islam kontak dgn agama kristen,filsafat yunani,hindu,dan budha.Ada jg yg mengatakan bhw pengaruh datang dari rahib2 kristen.Pengaruh filsafat yunani dikatakan berasal dr pemikiran mistik pythagoras serta filsafat emansi plotinus.

Dari agama budha pengaruhnya dikatakan dr konsep Nirwana yg dapat dicapai dgn meninggalkan dunia sedangkan pengaruh agama hindu dikatakan datang dari ajaran atman dgn brahman melalui kontemplasi dan menjauhi dunia materi.

Tapi pada Hakekatnya Tasawwuf islam kita adalah mendekatkan diri kpd TUHAN.Dalam ajaran islam TUHAN memang sangat dekat dengan manusia."jika hambaku bertanya kepadamu tentang aku,maka aku dekat dan mengabulkan seruan orang yg memanggil,jika aku dipanggil" (Al Baqarah 186).

Kaum sufi mengartikan doa adalah berseru agar TUHAN Mengabulkan seruanya untuk melihat TUHAN dan berada dekat kepadaNYA.dgn kata lain agar ALLAH membuka hijab,hidayaNYA.Dalam firman yg lain dalam Surah Qaaf 16 yg berbunyi "Telah kami ciptakan manusia dan kami tau apa yg dbisikkan dirinya kepadanya.Dan kami lebih dkat dgn manusia daripada pembuluh darah yg ada di lehernya".Ayat ini menjelaskan bhw ALLAH berada dalam diri manusia makanya dalam hadist mengatakan "Siapa yg mengenal dirinya maka dia mengenal TUHAN".

Untuk mencari TUHAN,sufi tak perlu pergi jauh cukup masuk ke dalam dirinya dan TUHAN yg dicarinya akan ia jumpai dalam dirinya.Gambaran serupa ini tidak memerlukan pengaruh dari luar agar seorang muslim dapat merasakan kedekatan dgn NYA.Dan inilah Hakekat Tasawwuf.

Sufisme/tasawuf adalah ajaran dan doktrin moralitas.Faham yg mengajarkan hubungan antara TUHAN dan hambanya.Bermuara dari mutiara ayat2 Al Quran dan Sunnah.Karna Tujuan tasawuf adalah mendekatkan diri kepada Sang Khalid.Untuk dapat mendekatiNYA seorang harus suci dari kotoran jasmani yg dapat dibershkan dgn ilmu syariat lahiriyah.Sdg kotoran bathinyah yaituh ahlak.

Tasawuf adalah kendaraan untk mengantarkan pd pensucian jiwa rohani agar menjadi bersh dan mendekati ALLAH..Kendaraan tsbt berupa khauf,raja',taubah,zuhud,tawakal,syukur,sabar dll sebagaiman dalam beberapa surah yaituh Al Maidah 83, Ar Ra'd 2, Ali Imran 191. Al Mukmin 55, Ibrahim 7, An Nisa 77, At Talaq 3, Al Hujurat 13, Ibrahim 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar