Kamis, 22 April 2010

Peringatan bagi penuntut Ilmu.

1. Berangan-angan,mimpi di saat jaga.
Hindarilah berangan2 dan diantaranya adalah engkau mengaku mengetahui,pintar,berilmu tapi pada dasarnya bodoh dan menguasai sesuatu yg tak engkau kuasai.Hal ini merupakan penghalang besar untk mendpatkan ilmu.

2. Janganlah menjadi 'Aba Syibr'
Ilmu ada 3 jengkal,barang siapa yg masuk jengkal pertama niscaya ia sombong,barangsiapa yg masuk di jengka kedua niscaya ia tawadhu dan barangsiapa masuk di jengkal ketiga niscaya ia mengetahui bahwa ia tak mengetahui.

3. Hindarilah maju ke depan sebelum ahli maka ia merupakan penyakit dalam ilmu dan amal.

4. Hindarilah apa yg dilakukan oleh orang2 yg bangkrut dalam ilmu.

5. Berhati hatilah dari karangan atau orang yg mengandung bid'ah,yang berbeda dgn syariat,ajaran yang sebenarnya karna hal ini dapat menghancurkan keimanan dalam diri.

6. Jauhilah syubhat karna dapat merusak dirimu sendiri yg mengakibatkan hati menjadi lemah dan yg paling banyak menyebarkanya adalah ahli bid'ah,maka hindarilah mereka.

7. Hindarilah kesalahan dalam ucapan,tulisan maka sesungguhnya tak ada kesalahan merupakan kebesaran,kebersihan perasaan.

8. Hindarilah aborsi pemikiran dgn mengeluarkan pendapat sebelum engkau benar2 tau atau sudah jelas.

9. Hindarilah israiliyat/gaya baru dalam hembusan para kaum yahudi.Sebagian kaum muslimin telah mengambilnya dan tunduk maka janganlah terjerumus dgn mereka.

10. Hindarilah perdebatan,obrolan yang tak bermanfaat.

11. Hati hatilah dengan Ghurur sifat kebodohan dalam diri terobsesi dgn diri tanpa engkau sadari akan melahirkan diri jauh dari kebenaran ilmu.

Wahai para penuntut ilmu semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memberi berkah dan ilmu engkau.Tuntutlah,amalkanlah dan berdakwalah karnaNYA.Janganlah termasuk orang2 yg senang dalam kelalaian,mengumpulkan air dalam kondisi keruh/mengumpulkan ilmu tapi kurang pengamalan.

Pembatal atau penghalang bekal penuntut ilmu yang dapat merusak tatanan diri adalah
1. Membuka Rahasia.
2. Memidah ucapan dari satu golöngan kepada golongan lain.
3. Membual dan banyak bicara.
4. Banyak bercanda,banyak bergaul.
5. Masuk dalam pembicaraan di antara 2 orang.
6. Dendam,dengki,iri,buruk sangka
7. Bersama dgn ahli bid'ah
8. Larut dalam obrolan yg tak bermanfaat atau larut dgn waktu

Maka hati hatilah dari dosa ini,pendekkan langkahmu.Jika engkau lakukan maka sesungguhnya engkau memiliki iman yg tipis.Celakalah jika engkau membiarkan dirimu larut dalam hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar