Selasa, 27 April 2010

Nasehat buat Sahabatku generasi muda

Kita ketahui fenomena jaman sekarang kebanyakan diantara kita terjerumus dengan kemaksiatan,pergaulan bebas sehingga ahlak,moral kita hancur tanpa kita sadari,kita semakin jauh dgn agama,tak ada lagi etika,rasa hormat kepada orang tua,tak berminat menuntut ilmu agama.Ada juga sibuk mengejar ilmu tapi kurang pengamalan

Kita harus menyadari apa dan untuk apa kita berada di dunia ini.Beberapa renungan :

1. SIAPAKAH MANUSIA ?
Manusia adalah mahluk Allah Paling istimewa,sempurna.Keindahan manusia bukan hanya terletak pada paras tapi sangat ditentukan oleh ahlak dan budi pekertinya,karna pada dasarnya manusia adalah mahluk yg berilmu,berakal.

Keistimewaan manusia telah kita lihat kisah Nabi Adam yg tak dimiliki oleh para malaikat sehingga disuruh sujud pada beliau.Itulah karna Nabi Adam Ada ilmu yang tak ada pada malaikat.Manusia dipandang mulia bukan karna ia berasal dari Nabi Adam tetapi kemulian mereka mahluk yang berilmu,berfikir.(lihat kisah ini dalam surah Al Baqarah 30-34).

2. DARI MANA ASAL MANUSIA ?
Manusia yang pertama kali diciptakan adalah Nabi Adam dari unsur tanah.Pada dasarnya bahwa asal manusia adalah dari air mani sebagaimana dalam (surah Al-Haj 5).Kita merupakan keturunan dari Adam dan Hawa,kita mahluk mulia.Allah mengingatkan kita manusia akan direndahkan oleh Allan dan kita akan ditempatkan dalam neraka keculali ada dua sifat yaituh Iman Dan Amal shalih (lihat At-Tin 5-6).

3. APAKAH TUJUAN HIDUP KITA ?
Ingatlah yang paling utama dan layak menentukan hidup kita adalah Allah Subhanahu wa ta'ala sebagaimana dlm surah Adz Dzaariyat 56 Aku Tak menciptakan jin dan manusia kecuali menyembah kepadaku.Maksud ibadah adalah patuh,taat kepada Allah.

Segala bentuk aktivitas yang kita jalani itu harus dengan ibadah mengharap ridhoNYA,segala ucapan,perbuatan yang lahir dan bathin.Maka dari itu kesalahan pada kita jika berpendapat tujuan hidup untuk bersenang2 saja,hidup untuk makan,jikalau begitu apa bedanya kita dengan hewan.

Perlu kita ketahui kita diciptakan sebagai KHALIFAH ALLAH diatas muka bumi ini,dan makna KHALIFAH adalah pelaksana kehendak2 Allah.Maka dari itu kita umat Nabi Muhammad shallallahu 'Alaihi wasallam seharusnya berpedoman pada Al Qur'an Dan Sunnah dalam hal ini kita lihat dalm surah Al Ahzab 36.

4. SIAPAKAH MUSUH KITA ?
Hal yang perlu kita perhatikan dan sadari bahwa musuh utama kita adalah IBLIS atau SYAITHAN.Dia tak mau sujud pada Nabi kita Adam alaihi salam.Sikapnya sombong lihat surah yasin 60-61.Maka dari itu Allah melarang kita mengikuti jejak langkah syetan,Allah Memberi isyarat agar kita hendaknya selalu ingat kepadaNYA,Allah Menyuruh kita agar menyembahnya yaituh dgn mematuhi perintah dan menjauhi laranganya,karna hanya manusia yang tunduk akan mendapat jalan yang lurus.

5. SIAPAKAH SYAITHAN ?
Dalam bahasa arab kata syaitan diambil dari kata syatana artinya jauh. jadi makna syaitan adalah segala yg menjauhkan kita daripada kebenaran dan menjauhkan kita kehendak Allah Karna kebenaran (Al-Haq) ialah datangnya dari Allah sbgmn dlm surah Al Baqarah 147.

Oleh karna itu syaitan akan berusaha berbagai macam cara mempengaruhi kita dgn menawarkan berbagai macam keindahan,kenikmatan sehingga tanpa kita sadari kita lupa dan jauh dari Allah subhanu wa ta'ala.Syaitan akan membisikkan mendorong melakukan maksiat,dosa2.

6. SYAITHAN JIN dan SYAITHAN MANUSIA.
Allah Subhanahu wa ta'ala menjelaskan kepada kita bhw syaithan terdiri dari jenis jin dan jenis manusia sebagaimana dalam surah Al An'aam 112.

Maka dari itu kita mesti berhati2 dalam bergaul,mencari teman.Sebagaimana ayat tersebut bermakna bhw pergaulan yg suka mengajak melakukan maksiat,jauh dari Allah sebenarnya itulah syaithan atau dgn kata lain mereka di pengaruhi oleh syaithan jin untuk menjauhkan dari jalan yang lurus,merusak aqidah,ahlak,dan moral kita.

7. JANGAN CEPAT MENYALAHKAN ORANG LAIN.
Berteman dgn teman yang berahlak mulia adalah sangat penting dan merupakan salah satu cara mengatasi krisis iman,moral dalam diri yg sudah melanda para kaum remaja.teman yg baik akan mendorong berbuat baik dan senangtiasa menasehati,maka dari itu mestilah kita berhati2 dalam memilih teman.

Pada dasarnya syaithan manusia jika dilhat dari sisi lain teman2 yg sudah terlanjur melakukan maksiat dan mempengaruhi kita maka sepatutnya jangan cepat menyalahkan mereka.

Remaja yang sudah baligh sudah mampu brfikir dan membedakan antara baik dan benar,mana hak dan bathil,mereka sudah mampu memilh jalan yg mana.Jadi pada dasarnya semua kembali pada diri masing2 yang mana kita akan pilih.Oleh karna itu tak perlu menyalahkan orang lain tapi koreksilah diri sendiri.Kita punya akal fikiran gunanya untuk menimbang mana yg baik atau buruk

BERSAMBUNG...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar