Minggu, 25 April 2010

Penyakit Ghurur

Ghurur artinya tipuan,tertipu diri sendiri,kebodohan,tertipunya diri dgn diamnya jiwa pada sesuatu yg cocok dgn ajakan hawa nafsu.dia tak berusaha menolak tapi menurutinya,merupakan tanda mengerasnya hati,hancurnya moral dan ahlak seorang manusia. sebagaimana dalam surah An Nisa 120 " Syaithan itu memberikan janji2 kepada mereka dan membangkitkan angan2 kosong kpd mereka padahal syaithan itu tak menjanjikan kepada mereka kecuali tipuan belaka".

Ada dua hal yg menyebabkan ghurur yaituh janji2 syetan dan kehidupan dunia.Agar kita waspada bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara oleh karna itu jangan melanggar dgn syariat yg di anjurkan.jadikanlah dunia adalah ladang untuk kita memanennya di akhirat kelak.

maka dari itu agar kita terhindar dari tipuan hendaklah kita bertakwa sebagaimana dalam surah Luqman 33 "Hai manusia bertaqwalah kpd Tuhanmu dan takutlah kpd suatu hari yg pada hr itu seorang bapak tak dpt menolong anaknya dan seorang anak tak dpt pula menolong bapaknya.sungguh janji Allah adalah benar,maka jangan sekali2 kehidupan dunia memperdayakan kamu dan jgn pula syetan memperdayakan kamu dalam menaati Allah".

Ghurur dalam jiwa kaum muslimin yg gemar maksiat dan fasik,mereka tertipu dgn harapan kosong sebagaimana sabda Rasulullah berbunyi "orang yg cerdik ialah orang yg dapat menundukkan hawa nafsunya dan beramal untk sesuatu sesudah matinya sedang yg kurang akal ialah org mengikuti hawa nafsunya dan menggantungkan berbagai harapan kosong terhadap Allah" (Hr.Tirmidzi).

Barangsiapa berhara tentulah akan berusaha mencari dan barangsiapa takut sesuatu tentulah akan menjauh.Orang yg celaka adalah tertipu,orang yg matanya buta menjadikan hawa nafsu sbg pemimpin,syetan sbg penunjuk jalan.Kehidupan ditempuh dgn berhati2,berfikir cerdik,dan berupaya keras,permohonan ampun dgn taubat tetapi permohonan terus di ikuti kemaksiatan.

Harapan kosong menimbulkan keteledoran,kelalaian,malas beribadah,maunya enak2an.Berharap akan ampunan,rahmat Allah namun diri tak konsekwen.Tp sebaliknya harapan yang benar senangtiasa berhati2 dalam taqwa,menjauhi maksiat dan shubhat,mudah menangis karna ingat dosa2nya dalam kesendirian.
"Dan bg orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada 2 syurga" (Ar Rahman 46).
"Dan kami pasti akan menempatkan kamu di negri2 sesudah mereka.Yg demikian itu adalah untuk orang2 yg takut akan menghadap ke HadiratKU dan yg takut pd ancaman Ku"(QS. Ibrahim 14).

Oleh karna itu kita senangtiasa berusaha keras untuk beribadah namun jangan cepat puas dgn ibadah yg kita lakukan.Karn belum tentu ibadah kita dilakukan dgn benar dan di terimah Allah.Kita sering melupakan penyakit hati.Jangan sampai dhinggapi sikap riya,ujub,takabur dll.

CIRI-CIRI ORANG YANG TERTIPU.
1. Orang yg mengutamakan penyelidikan ilmu syariat dan akal tetapi lupa menyelidiki ilmu diri.
"Perumpamaan org2 yg dipikulkan kepadanya taurat kemudian mereka tiada memikulnya adalah seperti keledai yg membawa kitab2 yg tebal.Amatlah buruknya perumpamaan kaum yg mendustakan ayat2 Allah.Dan Allah tak memberi petunjuk pada kaum yg lain" (Qs.Al Jumuah 5).

2. Orang yang mengutamakan amalan lahir tetapi lupa amalan bathin.Ia suka beramal sholeh tapi lupa penyakit hati,ria,ujub,takabur,dengki,larut dalam pergaulan,lupa waktu.

3. Orang yang hanya memperdalam satu ilmu lupa pada ilmu agama lainnya dan penyakit hati.

4. Orang yg suka memberi nasehat pada orang lain supaya baik,ikhlas,jujur tetapi ia sendiri mash bersifat yg sama.

5. Orang yg hanya puas menghafalkan ucapan2 bijak,menambah ilmu terus menerus tetapi tak mengamalkanya.

6. Orang yg perhatian pd ilmu alat,bahasa,nahwu,makhraj dll mereka anggap itu sangat penting tetapi lupa tujuan akhir yaituh Ridho Allah

"Sesungguhnya Allah tak melihat kepada penampilan2 dan harta benda kalian tetapi melihat kepada hati dan amal kalian"(Shahih,Hr.Muslim,ibnu majah dr shbat Abu hurairah radhiyallahu anhu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar