Selasa, 27 April 2010

Nasehat buat Sahabatku Generasi Muda bag.2

8. MEMPERBAIKI AHLAK YANG BURUK.
Allah Subhanahu wa ta'ala menyeru manusia berahlak mulia oleh karna itu sebenarnya manusia pada dasarnya berahlak mulia sebagaimana mereka mampu menghindarkan diri daripada maksiat.Hanya saja kita sebenarnya terperangkap dalam perangkap syetan,memperturut hawa nafsu yang tunggangi oleh syetan yang menawarkan keindahan,kemewahan,kenikmatan,padahal yang sebenarnya tipu daya syetan itu lemah sebagaimana dalam surah An Nisa 76.

Maka dari itu kita harus perbanyak mengingat Allah,tingkatkan ibadah kita sebagaimana wasiat Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wasallam "Wahai remaja peliharalah perintah Allah,niscaya Allah akan menjaga kamu,peliharalah hukum2 Allah niscaya Allah bersama kamu,jika kamu memohon sesuatu maka mohonlah kepada Allah" (Hadist Hasan shahì riwayat Imam Tirmidzi).

9. UMUR MUDA SANGAT BERHARGA.
Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda "sekali2 tak akan beranjak kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat nanti sehingga kepadanya di tanya tentang 4 perkara : 1. Tentang umurnya kemana dia habiskan. 2. Tentang masa mudanya kemana dia pergunakan. 3. Tentang hartanya darimana dia peroleh dan kemana ia belanjakan. 4. Tentang ilmunya apakah yang dia amalkan"(Hr.Al Bazzar dan Al Tabrany dengan sanad shahih).

Dalam hadist ini selain umur juga akan ditanya tentang masa muda kita.Masa muda adalah masa yang sangat tinggi nilainya dan sangat berharga.Oleh karna itu sepatutnya mempergunakan masa muda dgn sebaik2nya untuk amal ibadah yang bermanfaat untuk di dunia maupun akhirat.Tak sewajarnya kita menyia2kan masa muda,

Masa adalah kehidupan,sebanyak mana masa itu disia2kan maka berarti sebanyak itu pulalah kehidupan kita telah sia2kan.

10. ALLAH SANGAT CINTA KEPADA PEMUDA YANG TAUBAT.
Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda " Aku cinta kepada 3 golongan tetapi terhadap 3 golongan lainnya lebih Aku cintai :1. Aku cinta kepada orang yang pemurah tetapi terhadap orang yang hidupnya sederhana dan pemurah pula maka dia lebih Aku cintai. 2. Aku cinta kepada orang yang tawadhu/rendah diri tetapi terhadap orang kaya/pangkat dan tawadhu pula maka Aku lebih cintai. 3. Aku cinta kepada orang yang taubat kepadaKU tetapi terhadap anak muda yang bertaubat kepadaKU maka dia lebih Aku cintai" (Hadist Qudsy shahih riwayat Ibnu Hibban).

Allah lebih mencintai anak muda karna anak muda lebih kuat ransangan nafsu syahwat,jiwa mereka belum tenang kadang labil,bimbang.Maka dari itu Allah sangat mencintai jika kita remaja bertaubat.

11. KEMANA KITA AKAN PERGI SETELAH MATI ?
Tiap manusia pasti akan merasakan mati serta setiap manusia pasti akan ditanya dan bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan,jadi kita cuma menunggu giliran sampai waktunya tiba kita mesti sedia selalu.Malaikat Maut akan mencabut nyawa manusia tanpa memilih umur.

Kematian bukanlah seperti kematian bintang yang jika mati habis perkara.Kita akan ditanya,diminta pertanggung jawaban.Ujian disana tak seperti di dunia jika kita salah bisa bertaubat dan memperbaikinya.

Kegagalan di sana Neraka tempatnya yang panasnya 70 kali lipa dibanding panas api dunia.Disana bukan mulut yang menjawab tetapi Amal.Apakah yang kita akan jawab jika hidup kita bergelimang dengan maksiat ?

Sahabatku semoga ini menjadi nasehat dan dijadikan sebagai renungan untuk kita semua dan paling utama pada si penulisnya.jADILAH PEMUDA ISLAM YANG BERAKHLAK MULIA,BUATLAH PONDASI YANG KOKOH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar