Minggu, 07 Maret 2010

PENGENALAN AL-QUR'AN bag.2

Hikmah diturunkan Al Qur'an secara berangsur-angsur

Sebagaimana tadi sudah dijelaskan bahwa Al Qur'an secara berangsur-angsur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari.Tentunya mengandung hikmah yaituh :
a. Agar lebìh mudah dimengerti dan dilaksanakan.Orang akan enggang melaksanakan suruhan dan larangan,sekiranya suruhan dan larangan itu diturunkan sekaligus banyak.Hal ini disebutkan oleh Bukhari dari riwayat 'Aisyah ra.
b. Diantara ayat ayat itu ada yang nasikh dan ada yang mansukh sesuai dgn kemaslahatan,ini tidak dapat dilakukan sekiranya Al Qur'an diturunkan sekaligus.
c. Turunnya suatu ayat sesuai dgn peristiwa peristiwa yg terjadi akan lebih mengesankan dan lebih berpengaruh di hati.
d. Memudahkan penghafalan,orang2 musyrik yang telah menanyakan mengapa Al Qur'an Tidak diturunkan sekaligus,sebagaimana dalam surah Al Furqaan 32 "Mengapa Al Qur'an tidak diturunkan kepadanya sekaligus? Demikianlah dengan cara begitu kami hendak menetapkan hatimu".
e. Diantara ayat ayat yang ada merupakan jawaban daripada pertanyaan dan penolakan suatu pendapat atau perbuatan sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Abbas ra.Hal ini tak dapat terlaksana kalau Al Qur'an diturunkan sekaligus.

Ayat-Ayat Makkiyyah dan ayat-ayat Madaniyyah

Ditinjau dari masa turunya Al Qur'an dibagi atas 2 golongan yaituh
Ayat-ayat Yg diturunkan di mekah atau sebelum Nabi Muhammad hijarah ke madinah dinamakan ayat ayat Makkiyyah.Ayat-ayat ini terdiri dari 86 surah sedang
Ayat-ayat yg diturunkan di madinah atau sesudah Nabi Muhammad hijarah dimadinah dinamakan ayat-ayat Madaniyyah.Ayat-ayat ini terdiri dari 28 surah.
Dengan demikian jumlah surah dalam Al Qur'an sebanyak 114 surah.

Perbedaan ayat-ayat Makkiyyah dgn ayat-ayat Madaniyyah Ialah :
1. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya pendek2 sedang ayat-ayat Madaniyyah panjang2.Surah Madaniyyah ayat-ayatnya berjumlah 1456 sedang Surah Makkiyyah terdapat 4780 ayat.Juz 28 seluruhnya Maddaniyyah Kecuali Surah Mumtahinah.Ayat-ayatnya berjumlah 137.Sedang juz 29 adalah Makkiyyah kecuali Surah Ad Dahr,ayat-ayatnya berjumlah 431.Surah Al Anfaal dan Surah Asy syu'araa masing2 mrupakan setengah juz tetapi yg pertama Madaniyyah dgn bilangan ayat sebanyak 75,sedang yg kedua Makkiyyah dgn ayatnya yg berjumlah 227.
2. Dalam surah-surah Madaniyyah terdapat perkataan "ya ayyuhalladzina aamanu"dan sedikit sekali terdapat perkataan "ya ayyuhannaas" Sedang dalam surah-surah Makkiyyah adalah sebaliknya.
3. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya mengandung hal2 yg berhubungan dgn keimanan,ancaman,dan pahala,kisah-kisah umat yg terdahulu yg mengandung pengajaran dan budi pekerti.Sedang Madaniyyah Mengandung hukum-hukum baik yg berhubungan dgn hukum adat atau hukum hukum duniawi,seperti hukum kemasyarakatan,ketatanegaraan,hukum perang,hukum internasional,hukum antar agama dan lain lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar