Sabtu, 06 Maret 2010

ADABLAH YANG TERPENTING

Yang terpenting bukannya tercapainya apa yg engkau cari tetapi yg palng penting adalah engkau dilimpahi rezki adab yg baik.Lebih penting dari itu semua adalah karunia adab,ahlak yg bagus.Baik adab dgn ALLAH,Adab dgn Rasulullah,beserta adab terhadap sesama manusia.

Apa yg ada disisi ALLAH tak bisa diraih dgn berbagai upaya sebab akibat namun kita harus mewujudkan adab yg baik di hadapanya karna dgn adab itulah ubudiyah akan terwujud."agr Allah menguji mereka manakah diantara mereka yg terbaik amalnya" (Al Kahfi 7).
ALLAH tidak menyebutkan bahwa yg terbaik itu adalah yg terbanyak suksesnya.Juga bukan yg trbaik adalah raihan besarnya.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda "taqwalah kepada ALLAH dimanapun engkau berada,dan ikutilah keburukan itu dengan kebajikan sehingga keburukan terhapus.Dan bergaullah dgn sesama manusia dgn ahlak yg baik"(Hr.Imam Ahmad dan at tirmidzi).

Seluruh proses adab itu adalah menuju keserasian dgn sifat2nya dan inilah yg dsebutkan selanjutnya oleh Ibnu Athailah "tak ada yg lebih penting untuk anda cari dibanding rasa terdesak dan tak ada yg lebih mempercepat anugrah kepadamu ketimbang rasa hina dan rasa faqir kepadaNYA".

Sikap terdesak,hina,faqir itlah yg membuat kita terus kembali kepadaNYA tanpa sedikitpun faktor yg menyebabkan rasa tersebut muncul.Dan sebaik2nya waktu tentu saja.Sebagaiman disebutkan oleh Ibnu Athaillah dalam Al Hikam adalah "waktu dimana anda menyaksikan sifat butuh anda kepada ALLAH dan dikembalikan pada wujud hinamu di hadapannya".

Hajat manusia bertingkat2 ada hajat dunianya,akhiratnya,hajat meraih anugrahnya dan ada hajat hanya kepada ALLAH subhana wataa'lah.Tentu hajat tertingi adalah menuju dan wushul kepada ALLAH.Dan itu semua harus diraih dgn rasa butuh yg sangat.Rasa hina dan fakir kepada ALLAH.

Diantara makna berguna dari rasa butuh itu adalah
1.Rasa berpaling dari mahluknya secara total.
2.Menghadap ALLAH dengan total pula serta
3.Sang hamba berhenti di batasnya tanpa membuat pengakuan sedikit pun.

Tiga hal yg merupakan jumlah kebajikan dan menuju kesempurnaan.Wallahu a'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar