Selasa, 27 April 2010

Nasehat buat Sahabatku Generasi Muda bag.2

8. MEMPERBAIKI AHLAK YANG BURUK.
Allah Subhanahu wa ta'ala menyeru manusia berahlak mulia oleh karna itu sebenarnya manusia pada dasarnya berahlak mulia sebagaimana mereka mampu menghindarkan diri daripada maksiat.Hanya saja kita sebenarnya terperangkap dalam perangkap syetan,memperturut hawa nafsu yang tunggangi oleh syetan yang menawarkan keindahan,kemewahan,kenikmatan,padahal yang sebenarnya tipu daya syetan itu lemah sebagaimana dalam surah An Nisa 76.

Maka dari itu kita harus perbanyak mengingat Allah,tingkatkan ibadah kita sebagaimana wasiat Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wasallam "Wahai remaja peliharalah perintah Allah,niscaya Allah akan menjaga kamu,peliharalah hukum2 Allah niscaya Allah bersama kamu,jika kamu memohon sesuatu maka mohonlah kepada Allah" (Hadist Hasan shahì riwayat Imam Tirmidzi).

9. UMUR MUDA SANGAT BERHARGA.
Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda "sekali2 tak akan beranjak kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat nanti sehingga kepadanya di tanya tentang 4 perkara : 1. Tentang umurnya kemana dia habiskan. 2. Tentang masa mudanya kemana dia pergunakan. 3. Tentang hartanya darimana dia peroleh dan kemana ia belanjakan. 4. Tentang ilmunya apakah yang dia amalkan"(Hr.Al Bazzar dan Al Tabrany dengan sanad shahih).

Dalam hadist ini selain umur juga akan ditanya tentang masa muda kita.Masa muda adalah masa yang sangat tinggi nilainya dan sangat berharga.Oleh karna itu sepatutnya mempergunakan masa muda dgn sebaik2nya untuk amal ibadah yang bermanfaat untuk di dunia maupun akhirat.Tak sewajarnya kita menyia2kan masa muda,

Masa adalah kehidupan,sebanyak mana masa itu disia2kan maka berarti sebanyak itu pulalah kehidupan kita telah sia2kan.

10. ALLAH SANGAT CINTA KEPADA PEMUDA YANG TAUBAT.
Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda " Aku cinta kepada 3 golongan tetapi terhadap 3 golongan lainnya lebih Aku cintai :1. Aku cinta kepada orang yang pemurah tetapi terhadap orang yang hidupnya sederhana dan pemurah pula maka dia lebih Aku cintai. 2. Aku cinta kepada orang yang tawadhu/rendah diri tetapi terhadap orang kaya/pangkat dan tawadhu pula maka Aku lebih cintai. 3. Aku cinta kepada orang yang taubat kepadaKU tetapi terhadap anak muda yang bertaubat kepadaKU maka dia lebih Aku cintai" (Hadist Qudsy shahih riwayat Ibnu Hibban).

Allah lebih mencintai anak muda karna anak muda lebih kuat ransangan nafsu syahwat,jiwa mereka belum tenang kadang labil,bimbang.Maka dari itu Allah sangat mencintai jika kita remaja bertaubat.

11. KEMANA KITA AKAN PERGI SETELAH MATI ?
Tiap manusia pasti akan merasakan mati serta setiap manusia pasti akan ditanya dan bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan,jadi kita cuma menunggu giliran sampai waktunya tiba kita mesti sedia selalu.Malaikat Maut akan mencabut nyawa manusia tanpa memilih umur.

Kematian bukanlah seperti kematian bintang yang jika mati habis perkara.Kita akan ditanya,diminta pertanggung jawaban.Ujian disana tak seperti di dunia jika kita salah bisa bertaubat dan memperbaikinya.

Kegagalan di sana Neraka tempatnya yang panasnya 70 kali lipa dibanding panas api dunia.Disana bukan mulut yang menjawab tetapi Amal.Apakah yang kita akan jawab jika hidup kita bergelimang dengan maksiat ?

Sahabatku semoga ini menjadi nasehat dan dijadikan sebagai renungan untuk kita semua dan paling utama pada si penulisnya.jADILAH PEMUDA ISLAM YANG BERAKHLAK MULIA,BUATLAH PONDASI YANG KOKOH

Nasehat buat Sahabatku generasi muda

Kita ketahui fenomena jaman sekarang kebanyakan diantara kita terjerumus dengan kemaksiatan,pergaulan bebas sehingga ahlak,moral kita hancur tanpa kita sadari,kita semakin jauh dgn agama,tak ada lagi etika,rasa hormat kepada orang tua,tak berminat menuntut ilmu agama.Ada juga sibuk mengejar ilmu tapi kurang pengamalan

Kita harus menyadari apa dan untuk apa kita berada di dunia ini.Beberapa renungan :

1. SIAPAKAH MANUSIA ?
Manusia adalah mahluk Allah Paling istimewa,sempurna.Keindahan manusia bukan hanya terletak pada paras tapi sangat ditentukan oleh ahlak dan budi pekertinya,karna pada dasarnya manusia adalah mahluk yg berilmu,berakal.

Keistimewaan manusia telah kita lihat kisah Nabi Adam yg tak dimiliki oleh para malaikat sehingga disuruh sujud pada beliau.Itulah karna Nabi Adam Ada ilmu yang tak ada pada malaikat.Manusia dipandang mulia bukan karna ia berasal dari Nabi Adam tetapi kemulian mereka mahluk yang berilmu,berfikir.(lihat kisah ini dalam surah Al Baqarah 30-34).

2. DARI MANA ASAL MANUSIA ?
Manusia yang pertama kali diciptakan adalah Nabi Adam dari unsur tanah.Pada dasarnya bahwa asal manusia adalah dari air mani sebagaimana dalam (surah Al-Haj 5).Kita merupakan keturunan dari Adam dan Hawa,kita mahluk mulia.Allah mengingatkan kita manusia akan direndahkan oleh Allan dan kita akan ditempatkan dalam neraka keculali ada dua sifat yaituh Iman Dan Amal shalih (lihat At-Tin 5-6).

3. APAKAH TUJUAN HIDUP KITA ?
Ingatlah yang paling utama dan layak menentukan hidup kita adalah Allah Subhanahu wa ta'ala sebagaimana dlm surah Adz Dzaariyat 56 Aku Tak menciptakan jin dan manusia kecuali menyembah kepadaku.Maksud ibadah adalah patuh,taat kepada Allah.

Segala bentuk aktivitas yang kita jalani itu harus dengan ibadah mengharap ridhoNYA,segala ucapan,perbuatan yang lahir dan bathin.Maka dari itu kesalahan pada kita jika berpendapat tujuan hidup untuk bersenang2 saja,hidup untuk makan,jikalau begitu apa bedanya kita dengan hewan.

Perlu kita ketahui kita diciptakan sebagai KHALIFAH ALLAH diatas muka bumi ini,dan makna KHALIFAH adalah pelaksana kehendak2 Allah.Maka dari itu kita umat Nabi Muhammad shallallahu 'Alaihi wasallam seharusnya berpedoman pada Al Qur'an Dan Sunnah dalam hal ini kita lihat dalm surah Al Ahzab 36.

4. SIAPAKAH MUSUH KITA ?
Hal yang perlu kita perhatikan dan sadari bahwa musuh utama kita adalah IBLIS atau SYAITHAN.Dia tak mau sujud pada Nabi kita Adam alaihi salam.Sikapnya sombong lihat surah yasin 60-61.Maka dari itu Allah melarang kita mengikuti jejak langkah syetan,Allah Memberi isyarat agar kita hendaknya selalu ingat kepadaNYA,Allah Menyuruh kita agar menyembahnya yaituh dgn mematuhi perintah dan menjauhi laranganya,karna hanya manusia yang tunduk akan mendapat jalan yang lurus.

5. SIAPAKAH SYAITHAN ?
Dalam bahasa arab kata syaitan diambil dari kata syatana artinya jauh. jadi makna syaitan adalah segala yg menjauhkan kita daripada kebenaran dan menjauhkan kita kehendak Allah Karna kebenaran (Al-Haq) ialah datangnya dari Allah sbgmn dlm surah Al Baqarah 147.

Oleh karna itu syaitan akan berusaha berbagai macam cara mempengaruhi kita dgn menawarkan berbagai macam keindahan,kenikmatan sehingga tanpa kita sadari kita lupa dan jauh dari Allah subhanu wa ta'ala.Syaitan akan membisikkan mendorong melakukan maksiat,dosa2.

6. SYAITHAN JIN dan SYAITHAN MANUSIA.
Allah Subhanahu wa ta'ala menjelaskan kepada kita bhw syaithan terdiri dari jenis jin dan jenis manusia sebagaimana dalam surah Al An'aam 112.

Maka dari itu kita mesti berhati2 dalam bergaul,mencari teman.Sebagaimana ayat tersebut bermakna bhw pergaulan yg suka mengajak melakukan maksiat,jauh dari Allah sebenarnya itulah syaithan atau dgn kata lain mereka di pengaruhi oleh syaithan jin untuk menjauhkan dari jalan yang lurus,merusak aqidah,ahlak,dan moral kita.

7. JANGAN CEPAT MENYALAHKAN ORANG LAIN.
Berteman dgn teman yang berahlak mulia adalah sangat penting dan merupakan salah satu cara mengatasi krisis iman,moral dalam diri yg sudah melanda para kaum remaja.teman yg baik akan mendorong berbuat baik dan senangtiasa menasehati,maka dari itu mestilah kita berhati2 dalam memilih teman.

Pada dasarnya syaithan manusia jika dilhat dari sisi lain teman2 yg sudah terlanjur melakukan maksiat dan mempengaruhi kita maka sepatutnya jangan cepat menyalahkan mereka.

Remaja yang sudah baligh sudah mampu brfikir dan membedakan antara baik dan benar,mana hak dan bathil,mereka sudah mampu memilh jalan yg mana.Jadi pada dasarnya semua kembali pada diri masing2 yang mana kita akan pilih.Oleh karna itu tak perlu menyalahkan orang lain tapi koreksilah diri sendiri.Kita punya akal fikiran gunanya untuk menimbang mana yg baik atau buruk

BERSAMBUNG...

Minggu, 25 April 2010

Penyakit Ghurur

Ghurur artinya tipuan,tertipu diri sendiri,kebodohan,tertipunya diri dgn diamnya jiwa pada sesuatu yg cocok dgn ajakan hawa nafsu.dia tak berusaha menolak tapi menurutinya,merupakan tanda mengerasnya hati,hancurnya moral dan ahlak seorang manusia. sebagaimana dalam surah An Nisa 120 " Syaithan itu memberikan janji2 kepada mereka dan membangkitkan angan2 kosong kpd mereka padahal syaithan itu tak menjanjikan kepada mereka kecuali tipuan belaka".

Ada dua hal yg menyebabkan ghurur yaituh janji2 syetan dan kehidupan dunia.Agar kita waspada bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara oleh karna itu jangan melanggar dgn syariat yg di anjurkan.jadikanlah dunia adalah ladang untuk kita memanennya di akhirat kelak.

maka dari itu agar kita terhindar dari tipuan hendaklah kita bertakwa sebagaimana dalam surah Luqman 33 "Hai manusia bertaqwalah kpd Tuhanmu dan takutlah kpd suatu hari yg pada hr itu seorang bapak tak dpt menolong anaknya dan seorang anak tak dpt pula menolong bapaknya.sungguh janji Allah adalah benar,maka jangan sekali2 kehidupan dunia memperdayakan kamu dan jgn pula syetan memperdayakan kamu dalam menaati Allah".

Ghurur dalam jiwa kaum muslimin yg gemar maksiat dan fasik,mereka tertipu dgn harapan kosong sebagaimana sabda Rasulullah berbunyi "orang yg cerdik ialah orang yg dapat menundukkan hawa nafsunya dan beramal untk sesuatu sesudah matinya sedang yg kurang akal ialah org mengikuti hawa nafsunya dan menggantungkan berbagai harapan kosong terhadap Allah" (Hr.Tirmidzi).

Barangsiapa berhara tentulah akan berusaha mencari dan barangsiapa takut sesuatu tentulah akan menjauh.Orang yg celaka adalah tertipu,orang yg matanya buta menjadikan hawa nafsu sbg pemimpin,syetan sbg penunjuk jalan.Kehidupan ditempuh dgn berhati2,berfikir cerdik,dan berupaya keras,permohonan ampun dgn taubat tetapi permohonan terus di ikuti kemaksiatan.

Harapan kosong menimbulkan keteledoran,kelalaian,malas beribadah,maunya enak2an.Berharap akan ampunan,rahmat Allah namun diri tak konsekwen.Tp sebaliknya harapan yang benar senangtiasa berhati2 dalam taqwa,menjauhi maksiat dan shubhat,mudah menangis karna ingat dosa2nya dalam kesendirian.
"Dan bg orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada 2 syurga" (Ar Rahman 46).
"Dan kami pasti akan menempatkan kamu di negri2 sesudah mereka.Yg demikian itu adalah untuk orang2 yg takut akan menghadap ke HadiratKU dan yg takut pd ancaman Ku"(QS. Ibrahim 14).

Oleh karna itu kita senangtiasa berusaha keras untuk beribadah namun jangan cepat puas dgn ibadah yg kita lakukan.Karn belum tentu ibadah kita dilakukan dgn benar dan di terimah Allah.Kita sering melupakan penyakit hati.Jangan sampai dhinggapi sikap riya,ujub,takabur dll.

CIRI-CIRI ORANG YANG TERTIPU.
1. Orang yg mengutamakan penyelidikan ilmu syariat dan akal tetapi lupa menyelidiki ilmu diri.
"Perumpamaan org2 yg dipikulkan kepadanya taurat kemudian mereka tiada memikulnya adalah seperti keledai yg membawa kitab2 yg tebal.Amatlah buruknya perumpamaan kaum yg mendustakan ayat2 Allah.Dan Allah tak memberi petunjuk pada kaum yg lain" (Qs.Al Jumuah 5).

2. Orang yang mengutamakan amalan lahir tetapi lupa amalan bathin.Ia suka beramal sholeh tapi lupa penyakit hati,ria,ujub,takabur,dengki,larut dalam pergaulan,lupa waktu.

3. Orang yang hanya memperdalam satu ilmu lupa pada ilmu agama lainnya dan penyakit hati.

4. Orang yg suka memberi nasehat pada orang lain supaya baik,ikhlas,jujur tetapi ia sendiri mash bersifat yg sama.

5. Orang yg hanya puas menghafalkan ucapan2 bijak,menambah ilmu terus menerus tetapi tak mengamalkanya.

6. Orang yg perhatian pd ilmu alat,bahasa,nahwu,makhraj dll mereka anggap itu sangat penting tetapi lupa tujuan akhir yaituh Ridho Allah

"Sesungguhnya Allah tak melihat kepada penampilan2 dan harta benda kalian tetapi melihat kepada hati dan amal kalian"(Shahih,Hr.Muslim,ibnu majah dr shbat Abu hurairah radhiyallahu anhu)

Sabtu, 24 April 2010

ALLAH dan HAMBA

Maha Suci ALLAH yg telah menjadikan pujian sebagai kunci dari mengingtNYA.
Wahai hamba ALLAH,sesuatu yg baik yg dijanjikanNYA hendaklah jgn ditinggalkan dan sesuatu yg buruk yg dilarangNYA jangan di dambakan.

Wahai hamba ALLAH takutlah akan hari ketika amal perbuatan akan diperiksa,hari dimana anak2 telah menjadi tua dan ketahuilah bhw dirimua adalah pengawal atasmu,anggota tubuhmu adalah penjaga dan pengawas yg tak akan berdusta,yg memelihara catatan amal perbuatanmu dan jumlah nafasmu,kegelapan malam tak akan menyembunyikanmu dr mereka.Sesungguhnya hr esok sgt dkat dgn hr ini dan hr ini akan berangkat dgn segala apa yg ada padanya sementara hr esok akan datang menjemput.

Wahai hamba ALLAH,Orang yg diberinya kemampuan bertindak melawan hawa nafsu sehingga bathhnya larut dalam kesedihan karna dihinggapi rasa takut kepadaNYA

Wahai hamba ALLAH,berhati hatilah dgn waktu karna waktu akan memperlakukan orang2 hidup sama dgn org2 yg telah pergi waktu yg berlalu tak akan kembali dan apa yg ada didalamnya tak akan kekal.

Wahai hamba ALLAH janganlah menyibukan dirimu dgn selain dari perbaikan diri agar tak menjadi orang bingun di kegelapan malam karna kegelapan yg dibisikan syetan akan terlihat sebagai sebuah keindahan.

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu berkata : Wahai hamba ALLAH, DIA tak akan dapat di tipu tentang surgaNYA dan KeridhoaNYA tak dapat diperoleh selain ketaatan kepadaNYA.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : Hamba yg paling dicintaNYA adalah hamba yg paling banyak nasehatnya terhadap hamba2 ALLAH lainnya (Hr.Baihaqi).

Ketahuilah maukah engkau aku tunjukan kepada kalimat yg dari bawah Arasy dr suatu gudang dari beberapa gudang syurga.Katakanlah tak ada daya dan upaya dan tak ada kekuatan kecuali Allah.Maka Allah Maha Gagah dan Maha Agung berfirman HambaKU telah menyerah dan tunduk (Hr.Al Hakim).

Menyebut2 nikmat Allah merupakan perbuatan syukur dan meninggalkannya berarti kufur.Brangsiapa yg tak mensyukuri nikmat yg sedikit maka ia tak pula akan mensyukuri nikmat yg banyak.Brangsiapa tak berterimakasih pada orang lai berati ia tak akan pula berterima kasih pada Allah subhanahu wa ta'ala (hr.Baihaqi).

Orang2 yg sesungguhnya paling sengsara adalah mereka yg miskin iman dan mengalami krisis keyakinan.Selamanya mereka akan berada dlm kesengsaraan,kepedihan,kemurkaan.
"hai org2 yg beriman,masuklah kamu ke dalam islam secara kesuluruhan dan janganlah kamu turut langkah2 syetan.Sesungguhnya syetan itu musuh yg nyata bagimu" (Al Baqarah 208).

Kehidupan yang baik adalah ketenangan jiwa karna janji Allah,keteguhan hati dlm mencintai Dzat yg menciptakan,kesucian nurani dari unsur2 penyimpangan iman,ketenangan dalam menghadapi setiap kenyataan hidup,kerelaan hati dlm menerima dan menjalani ketentuanNYA,dan keikhlasan dalam menerima Takdir."Barangsiapa yg mengerjakan amal shaleh baik laki2 maupun perempuan dalam keadaan beriman maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yg baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dgn pahala yg lebih baik dari apa yg telah mereka kerjakan" (An Nahl 97)

Banyak Canda Tanda kerasnya hati bag.2

Takutlah dgn firman Allah "Ketika mereka melenceng maka lencengkan hati mereka dan Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yg fasik (As Shaff 5).
Dari Abu Musa Al-Asy'ari Radhiyallahu anhu berkata "Rasullullah shallallahu alaihi wasallam bersabda "sesungguhnya hati itu seperti bulu yg berada dipadang sahara,dimana angin senangtiasa membolak balikannya"

Hati bagaikan pakaian putih yg dapat ternoda karna kotoran yg sangat sedikit.Hati jg seperti cermin yg sangat jernih yg sedikit noda akan tampak padanya.Oleh karna itu dpt dikacaukan oleh waktu walau sesaat,perkataan,gurauan aplg tertawa berlebihan,tanpa dia sadari hati mulaipun mengeras hati tak tersentuh terhadp kebenaran dan ia pun mulai terhinggapi syubhat dalam diri.

Jiwa yg tenangpun berpindah pada kegelisahan,keyakinan kepada keraguan,ilmu kepada kebodohan,dzikir kepada kealpaan,taubat kepada khianat,ikhlas kepada riya,kejujuran kepada kedustaan,semangat kepada kelemahan,ketundukan kepada ujub dan tawadhu kepada kesesatan.

Sang penyair berkata barangsiapa banyak bergurau akan hilang kewibawanya,brangsiapa berlebih2an dlm suatu hal maka ia akan dikenal dgn kebiasanya,brangsiapa banyak bicara maka bnyak pula kesalahanya,brangsiapa banyak salah maka berkuranglah rasa malunya,brangsiapa berkurang rasa malunya maka berkuranglah sikap wara'nya dan brangsiapa berkurang wara'nya maka matilah hatinya

Dan ingatlah hari dimana tak bermanfaat lagi harta dan anak2 kecuali yg menghadap Allah dgn hati yg selamat (Asy Syu'aro 88-89).

Wahai sahabat2ku marilah kita bersungguh2 untk menjaga hati kita dan kemudian tutuplah perkara2 yg dapat mengeraskannya.Perbanyaklah berdzikir,beristigfar,bersholawat,berdoa.Dari Anas berkat Rasulullah berdoa "wahai Dzat yang membolak balikan hati teguhkanlah hatiku di atas dien Mu".

Bahwa Anas bertanya "wahai Rasulullah kami beriman kepada engkau dan ajaran yg engkau bawah,apakah engkau mengkhawatirkan kami? " Beliau menjawab "iya sesungguhnya hati hati itu berada di antara 2 jemari Allah,Dia membolak balikkan sesuai dgn dia kehendaki" (Shahih Tirmidzi).

Masih adakah alasan untk menunda perkara ini,atau adakah yg masih bisa menyangkal dgn mengatakan bersikap longgar dalam hal seperti sebuah sikap toleransi?Sesungguhnya sebagian diantara kita beralasan mengatakan "ah,tak mengapalah insya allah aku bisa jaga hati" atau "ah cuma sebentar aja,cuma sekali ini saja" ini adalah rayuan bujuk syetan.Masya Allah...

Apakah anda merasa yakin dgn masih adanya umur di satu jam mendatang,satu menit atau beberapa detik kemudian? Apakah anda telah mendapat izin untuk memegang umur anda sendiri,sehingga tak ada rasa takut dalam diri?
Jgnlah merasa aman dr kematian walau sekejap sehembusan nafas sekalipun walau anda halangi kedatanganya dgn apapun sungguh ia pasti akan datang.

Maka dari itu biasakanlah mengevaluasi diri tinggalkan kebiasaan buruk dan jauhilah sikap tergesa tergesa karna sesungguhya sikap tergesa tergesa itu adalah dari syaitan.Hiasilah diri dgn Ahlak,ketenangan,kewibawaan,ketawadhu'an,kesabaran dan istiqomahlah.

"Belum tibakah waktunya bg org2 yg beriman untuk secara khusyu mengingat Allah dan mematuhi kebenaranya yg diwahyukan kepada mereka dan janganlah mereka berlaku seperti orang2 yg telah menerima kitab sebelum itu,kemudian mereka melalui masa yg panjang sehingga hati mereka menjadi keras.Dan banyak diantara mereka menjadi orang fasik" (Al Hadid 16)

merupakan tanda ketakwaan hati kita dan hal itu menjadi kebaikan kita disisi Allah 'Azza Wa Jalla (Syarah riyadush shalihin 7/101).
"Demikianlah perintah Allah dan berangsiapa mengagungkan apa apa yg terhormat di sisi Allah Maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya"(Al Hajj 30).

Maknanya brangsiapa yg menjauhi kemaksiatan dan larangan2 Allah dan dalam dirinya dia menganggap bhw melanggar larangan itu merupakan perkara yg besar maka baginya kebaikan yg banyak dan pahala yg besar.Sebagaimana halnya dalam pelaksanaan ketaatan terdapat pahala yg banyak demikian juga tindakan meninggalkan perkara yg di haramkan dan menjauhi hal2 yg dilarang juga ada pahalanya (tafsirul qur'anil 'adziim 3:301).

Demikianlah semoga Allah meluruskan langkah2 kita dan kita lebih menyadari,mengevaluasi diri agar kita menjadi jauh lbh baik sehingga kita mendapat kebaikan dunia wal akhirat.Semoga sholawat serta salam senangtiasa tercurah kepada Nabi kita sebagai tauladan kita Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam,keluarga dan sahabat beliau

Referensi
¤ Al-Qur'anul Kariim
¤ Hadist arba'in nawawiyah
¤ La tahzan 'Aid Al-Qarni
¤ 10 rintangan dlm menuntut ilmu syaikh Abdussalam bin Barjas,syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al Wushobi
¤ Syarh Hilyah Thalibil 'ilmi,terjemahan Syeikh Muhammad Bin Shalih Al Utsaimin
¤ Ishlakhul Qulub,terjemahan Abdul Hadi bin Hasan Wahbiy
¤ Agar Allah mencintaimu,Hana Binti 'Abdul Aziz Ash Shoni

Banyak Canda Tanda Kerasnya Hati bag.1

Para sahabatku menghiasi dr dgn keindahan ilmu berupa budi pekerti,ahlak yg baik,berwibawa,tawadhu dan snangtiasa beristiqomah,serta tak melakukan hal2 yg bs merusaknya Imam Ibnu Sirrin berkata "Dulu para ulama mempelajari budi pekerti sebagaimana mempelajari ilmu".

Maka dari itu sbg penuntut ilmu memberikan perhatian pada perbaikan ahlak sbgaimana perhatian pd ilmu karna hal ini kadang kita lupakan seseoran tersibukkan dgn ilmu namun lupa akan kewajibanya dalam memperbaiki ahlaknya sebagaimana ahlaknya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Raja' bin Haiwah berkata pd sseorang "sampaikanlah kpdku sbuah hadist tp jgn smpaikan hadist dr riwayat org yg berpura2 mati,jgn orang yg berpura2 suka mencela.Riwayat ini diceritakan oleh Al-Khatib dalam kitab Al-Jami' beliau berkata "wajib bg para penuntut ilmu hadist untk menghindari suka bermain,berbuat sia2 dan bersikap rendah dlm majelis seperti tertawa terbahak2,banyak lelucon,senangtiasa bersenda gurau.Senda gurau hanya diperbolehkan kalau dilakukan hanya kadang2 saja,asal tak melanggar adab kesopanan.Adapun kalau dilakukan secara terus menurus mengucapkan kata2 kotor,jorok serta yg bs menyakitkan hati semua itu adalah perbuatan tercela.Karna banyak senda gurau dan tertawa akan menghilangkan kewibawaan dan harga diri".

Barangsiapa yang banyak melakukan sesuatu maka dia akan dikenal denganya,maka dari itu jauhilah segala perusak ilmu baik dlm majelis maupun dalam pembicaraan akan tetapi sebagian diantara kita menyangka bhw bersikap longgar dalam hal ini adalah sebuah sikap toleransi.

Sesungguhnya kerasnya hati disebabkan oleh 4 perkara apabila dilakukan melebihi kadar yg dibutuhkan yaituh makan,tidur,berbicara dan bergaul (Fawidul Fawaid 262).Berhati2 dr menyibukan diri dgn manusia karna sesungguhnya hal itu akan melalaikan banyak kemaslahatan yg bermanfaat dan waktu yg berharga serta akan menghilangkan keindahan dan cahaya ilmu.

Al-Humaydi al Muhaddats berkata "pertemuan dgn manusia tak akan mendatangkan faedah apa2.Kecuali hanya menambah pembicaraan yg tak tertata.Kurangilah intesitas bertemu dgn mereka selain untuk menuntut ilmu dan melakukan kebaikan"
"Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yg bertakwa merasa cukup lagi tersembunyi"(Hr.Muslim 2965).

Hendaklah kita senangtiasa mengisi waktu dgn ketaatan jgn sampai terbuang sia2,kikirlah terhadap waktu krn sesungguhnya keberuntungan yg sebenarnya terdapat pada kikir terhadp waktu.Janganlah kau buang sia2 untk berbincang2 yg tak ada faedahnya."Barangsiapa beriman kepda Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau diam"(Hr.Bukhari Muslim)

Berbicaralah yg baik dan pertimbangkan nilai ucapan kita di sisiNYA.Tak menimpa kita suatu musibah kecuali karna sebab dosa maka dr itu perbanyak istighfar dan mengevaluasi dri.Yang terpenting bukanlah banyaknya hal yg kita tau tapi rasa takut kepada Allah terhadp apa yg telah kita ketahui sehingga memotivasi dr untuk beramal.

Biasakanlah beruzlah janganlah merusak hati dgn banyaknya engkau berbaur dgn sahabat2mu karna itu akan mengeraskan hatimu menyebabkan lalai tanpa engkau sadari dan kemudian engkau lupa dgn Dzikirullah dan engkau jg sulit memperoleh kekhusyuan karna sesungguhnya dasar kekhusyuan adalah kelembutan hati.Meremehkan masalah hati mengakibatkan kebinasaan makanya itu hindarilah segala perkara yg dapat mengeraskan hati kita

Kelalaian dapat menumpulkan fikiran,menutup pintu2 pengetahuan menjauhkan hamba dr Allah.Menyeretnya pd kemaksiatan,menurunkan kesedihan dan kesusahan dlm hati serta menjauhkan kesenangan dari dirinya.Matinya hati merupakan tarikan syetan dan membuat murka Allah.

Dalam Shaidul Kathir,Ibnu al-Jauzi telah menuliskan 3 pasal "Saya tak melihat dan mendengar manfaat yg lebih besar dripada uzlah karna uzlah adalah sebuah ketenangan,sebuah keagunan,sebuah kemuliaan,sebuah tindakan untuk menjauhkan diri dari keburukan dan kejahatan,sebuah kiat untuk menjaga kehormatan dan waktu.Sebuah cara untk menjaga usia,sebuah jalan menjauhkan diri dr orang2 yg mendengki,sebuah perenungan tentang akhirat sebuah persiapan untuk bertemu Allah,sebuah pemutusan jiwa raga untuk melakukan ketaatan,sebuah pemberdayaan nalar terhadp hal2 yg bermanfaat dan sebuah eksplorasi terhadap nilai dan hukum dr nas nas yg ada"

Ketahuilah bahwa penyakit hati itu tersembunyi terkadang org terkena penyakit ini tdk mengetahuinya.Maka sering lalai darinya.Jauhilah hal2 yg dpt melalaikan kita seperti banyak bergaul,banyak bicara,banyak makan dan banyak tertawa.Karna semua adalah penyakit berbahaya mengakibtkan banya keburukan dan kerugian dunia dan akhirat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata Rasulullah bersabda "janganlah banyak tertawa sesungguhnya banyak tertawa itu mematikan hati"(Hr.Ibnu Majah).

Waspadailah segala perkara yg dpt memalingkan hati kita dr ketaatan sekecil apapun itu jgn sampai kita dtg ke majlis2 ta'lim.Tapi sebenarnya hati kita tdklah hadir tanpa kita sadari yg telah terkikis kelembutanya,kita mendengarkan kalamullah tp jiwa kita tak bergetar,hati kita tak luluh.Tak pula tunduk apalg menangis sedangkan perlu kita ketahui bahwa akal manusia untuk memahami itu ada dalam hatinya (Tafsir Ibnu Katsir QS.Al Ankabut 49).

BERSAMBUNG ...

Kamis, 22 April 2010

Peringatan bagi penuntut Ilmu.

1. Berangan-angan,mimpi di saat jaga.
Hindarilah berangan2 dan diantaranya adalah engkau mengaku mengetahui,pintar,berilmu tapi pada dasarnya bodoh dan menguasai sesuatu yg tak engkau kuasai.Hal ini merupakan penghalang besar untk mendpatkan ilmu.

2. Janganlah menjadi 'Aba Syibr'
Ilmu ada 3 jengkal,barang siapa yg masuk jengkal pertama niscaya ia sombong,barangsiapa yg masuk di jengka kedua niscaya ia tawadhu dan barangsiapa masuk di jengkal ketiga niscaya ia mengetahui bahwa ia tak mengetahui.

3. Hindarilah maju ke depan sebelum ahli maka ia merupakan penyakit dalam ilmu dan amal.

4. Hindarilah apa yg dilakukan oleh orang2 yg bangkrut dalam ilmu.

5. Berhati hatilah dari karangan atau orang yg mengandung bid'ah,yang berbeda dgn syariat,ajaran yang sebenarnya karna hal ini dapat menghancurkan keimanan dalam diri.

6. Jauhilah syubhat karna dapat merusak dirimu sendiri yg mengakibatkan hati menjadi lemah dan yg paling banyak menyebarkanya adalah ahli bid'ah,maka hindarilah mereka.

7. Hindarilah kesalahan dalam ucapan,tulisan maka sesungguhnya tak ada kesalahan merupakan kebesaran,kebersihan perasaan.

8. Hindarilah aborsi pemikiran dgn mengeluarkan pendapat sebelum engkau benar2 tau atau sudah jelas.

9. Hindarilah israiliyat/gaya baru dalam hembusan para kaum yahudi.Sebagian kaum muslimin telah mengambilnya dan tunduk maka janganlah terjerumus dgn mereka.

10. Hindarilah perdebatan,obrolan yang tak bermanfaat.

11. Hati hatilah dengan Ghurur sifat kebodohan dalam diri terobsesi dgn diri tanpa engkau sadari akan melahirkan diri jauh dari kebenaran ilmu.

Wahai para penuntut ilmu semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memberi berkah dan ilmu engkau.Tuntutlah,amalkanlah dan berdakwalah karnaNYA.Janganlah termasuk orang2 yg senang dalam kelalaian,mengumpulkan air dalam kondisi keruh/mengumpulkan ilmu tapi kurang pengamalan.

Pembatal atau penghalang bekal penuntut ilmu yang dapat merusak tatanan diri adalah
1. Membuka Rahasia.
2. Memidah ucapan dari satu golöngan kepada golongan lain.
3. Membual dan banyak bicara.
4. Banyak bercanda,banyak bergaul.
5. Masuk dalam pembicaraan di antara 2 orang.
6. Dendam,dengki,iri,buruk sangka
7. Bersama dgn ahli bid'ah
8. Larut dalam obrolan yg tak bermanfaat atau larut dgn waktu

Maka hati hatilah dari dosa ini,pendekkan langkahmu.Jika engkau lakukan maka sesungguhnya engkau memiliki iman yg tipis.Celakalah jika engkau membiarkan dirimu larut dalam hal ini.

Berhias Diri dengan Amal Ibadah.

I. Di antara tanda Ilmu yang bermanfaat.
1. Mengamalkannya.
2. Tidak suka sanjungan,pujian serta tak sombong terhadap dirinya dan orang lain
3. Bertambah tawadhu/rendah diri setiap kali bertambah ilmu.
4. Menghindar dari suka pujian,terkenal,di dunia,menghargai waktu yang telah diberikan.
5. Tak mengaku punya ilmu.
6. Merasa rendah,kekurangan,kosong dan berbaik sangka terhadap orang lain.

II. Mengeluarkan zakat atau bersadaqoh ilmu.
Tunaikan zakat ilmu untuk menyampaikan kebenaran menyeruh yg ma'ruf,melarang yg mungkar menjaga keseimbangan diantara mashlahat dan madharat menyebarkan ilmu.

Hati hatilah dgn penyakit yg tersembunyi dan janganlah karna alasan zaman yg sudah rusak,banyak orang fasik,nasehat tak berfaedah,banyak pergaulan mendorong engkau untuk tak menunaikan,melalaikan waktu untuk ibadah maka jika hal ini dilakukan kadang tanpa disadari ini merupakan perbuatan yg di inginkan oleh orang2 fasik,sombong dan bisa keluar meninggalkan keutamaan dan mengangkat bendera kehinaan.

IV. Izzatul Ulama (kemuliaan Ulama).
Untuk menjaga ilmu maka janganlah mau dimanfaatkan oleh nafsu dalam diri serta orang2 yg sombong dan bodoh.Janganlah berjalan dgnnya kepada ahli dunia.Berilah kenikmatan kpd penglihatan dan mata hatimu dgn mempelajari biografi dan riwayat para Imam Yg telah mendahului niscaya jika mempelajari pengorbanan jiwa dalam menjaga jalan ini.

V. Menjaga Ilmu
jika telah mendaptkan ilmu ingatlah semua yg engkau dapat itu karunia Allah maka berikanlah ilmu sesuai kedudukanya berupa mengamalkannya,menepatkan di tempat layak.
Lebih mendekatkan diri padaNYA ketimbang menggunakan waktu yg berlebihan hanya untuk bergaul atau masalah dunia.

Tata Cara menuntut Ilmu

Barangsiapa yg tak mantap dlm ilmu dasar niscaya ia terhalang untuk sampai dan barangsiap mencari ilmu secara menyeluruh niscaya akan mendapatkannya."Dan Al Quran itu diturunkan dgn berangsur2 agar kamu membacakanya perlahan2 kpd manusia dan kami menurunkan bagian dm bagian (Al Isra 106).

Ada beberapa hal yg hrus diperhatikan dalam belajar antara lain

1. Menghafal mukhtasar / ringkasannya.
2. Mempelajarinya di hadapan orang,guru yang pandai.
3. Tidak menyibukan diri dgn kitab besar dan berbagai macam kitab sebelum mempelajari dan mantap ilmu dasarnya.
4. Jangan berpindah dari satu kitab ke kitab lain tanpa alasan ini termasuk penghalang.
5. Mencatat,memaknai faedah ilmiyah.
6. Menyatukan jiwa untuk menuntut ilmu dan mempelajarinya.dan bersungguh2 untuk mendapatkan ilmu.

Mengambil ilmu dari para ulama.
Dalam menuntut ilmu adalah dgn cara talqin dan talaqqi/belajar langsung dari para ulama.mengambil dr mulut para masyayikh,bukan langsung dari tulisan kitab.

Auza'i berkata ilmu ini syariat sangat mulia.satu sama lain saling belajar silih berganti maka tak kala masuk dalam kitab.masuklah di dalamnya yg bukan ahlinya

Adab Penuntut Ilmu Dalam Diri Sendir

Ilmu adalah ibadah.Bahkan untuk segala perkara yg di cari adalah engkau mengetahui bahwa ilmu adalah ibadah,maka dari itu syarat ibadah adalah :

1. Ikhlas karna Allah Subhanahu wa ta'ala.
"padahal mereka tak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dgn memurnikan keta'atan kepadaNYA dlm menjalankan agama yg lurus".(Al Bayyinah 5)

Dalam hadist Rasulullah shallallahu 'Alaihi wasallam bersabda "sesungguhnya segala amal disertai niat.
Maka jika ilmu sudah kehilangan niat yg tulus,ikhlas,ia berpindah dr ketaatan yg paling utama kepada kesalahan yg paling rendah dan tak ada sesuatu yg meruntuhkan ilmu seperti riya,sum'ah dan lainnya.

Maka dari itu harus membetulkan niat dari segala kesungguhan menuntut ilmu seperti ingn terkenal,melebihi orang lain,menggunakan waktu yg berlebihan.Maka apabila mencampuri niat niscaya ia merusaknya dan hilanglah berkahnya ilmu yang kita dapat.

2. Perkara yang menggabungkan kebaikan dunia dan akhirat yaituh cinta Kepada Allah dan RasulNYA dan merealisasikan dgn mutaba'ah dan mengikuti jejak langkah beliau.
Jadilah engkau seorang salafi yang sungguh2,jalan salafus shalih dr kalangan sahabat radhiyallahu 'anhum dan generasi selanjutnya yg mengikuti jejak langkah mereka dalam semua ibadah,tauhid dll.

3. Selalu takut kpd Allah subhanahu wa ta'ala
berhias diri dgn membangun lahir dan bathin dgn sikap takut,menjaga syiar2 islam,menampakkan sunnah,menyebarkanya dgn mengamalkan.Hendaklah selalu takut kpd Allah dalam kesendirian dan bersama orang banyak.Jangan hilang dr ingatan bahwa seseorang tak dipandang alim kecuali apabila ia mengamalkan dan jika tak mengamalkan ilmunya kecuali apabila ia selalu Takut kpd Allah.

4. Senangtiasa Muraqabah.
Berhias diri dgn senangtiasa muraqabah kpd Allah subhanahu wa ta'ala dlm kesendirian dan kebersamaan,berjalan kpd Robbnya di antara sikap khauf/takut dan raja'/mengharap.

5. Merendahkan diri dan membuang sikap sombong,takabur.
Hiasi diri dgn adab jiwa berupa sikap menahan dr meminta,santun,sabar,tawadhu terhadap kebenaran,memikul kehinaa menuntut ilmu untuk kemulian ilmu.

Jauhilah penyakit sombong,tamak,dengki.Sikap congkak,sikap meremehkan orang yg memberi syafaat kpdmu dari orang yg lebih rendah darimu adalah sikap sombong.Kelalaianmu dlm mengamalkan ilmu merupakan tanda kesombongan dan tanda terhalang,sifat tercela,maka celakalah drmu.

6. Qana'ah dan Zuhud
berbekal dr dgn sikap qana'ah/merasa cukup dgn yg ada.Dan Zuhud adalah enggan terhadap yg haram,menjauhkan dr dari sgl syubhat dan tak mengharapkan apa yg miliki orang lain.Maka dgn atas dasar inilah hendaklah sederhana dlm kehidupanya dgn sesuatu yg tak merendahkanya,dimana dia dpt menjaga diri dan orang yg berada tanggunganya dan tak mendatangi tempat2 kehinaan.

7. Berhias diri dgn keindahan ilmu.
Diam yg baik dan petunjuk yg shalih berupa ketenangan,khusyuk,tawadhu,tetap dalam tujuan dgn membangun diri dan meninggalkan yg membatalkanya.

8. Berbekal diri dgn sikap muru'ah.
Menjaga harga diri tanpa sikap sombong,berani tanpa sikap fanatisme,semangat tinggi bukan atas dasar kebodohan,maka dr itu tinggalkan sifat yg merusak muru'ah (kesopanan).Berupa pekerjaan yg hina atau teman yg rendah seperti sifat ujub,riya,sombong,takabur,merendahkan orang lain.

9. Bersikap optimis termasuk sikap berani.
Keras dalam kebenaran dan ahlak yg mulia,berkorban di jalan kebaikan.Hindarilah berupa jiwa yg lemah,tak penyabar,ahlak yg lemah,maka ia akan menghancurkan ilmu dan memutuskan lisan dari kebenaran.

10. Meninggalkan kemewahan
maka sesungguhnya kesederhanaan termasuk dari iman.Sebagaimana wasiat Umar bin Khathab radhiallahu anhum "jauhilah kenikmatan,pakaian bangsa asing dan bersikaplah sederhana dan kasar.

Atas dasar ini maka jauhilah kepalsuan peradaban karna sesungguhnya melemahkan tabiat,mengikatmu dgn ilusi,angan2,orang lain yg serius sudah mencapai tujuan mereka sedangkan engkau tetap berada ditempatmu.Sibuk memikirkan pakaianmu..

Hati2lah dalam berpakaian karna ia mengungkapkan pribadimu bagi orang lain dalam menilaimu.Maka pakailah sesuatu yg menghiasimu bukan merendahknmu tak menjadikan padamu ucapan bg yg berkata,dan ejekan bg yg mengejek.Jauhilah pakaian kekanak kanakan tapi sederhana dlm berpakaian/bersikap meliputi tanda yg shalih.

11. Berpaling dari majelis yang sia-sia
janganlah berkumpul dgn orang2 yg melakukan kemungkaran di majelis mereka.Menyingkap tabir kesopanan.Maka sesungguhnya dosamu terhadap ilmu dan pemiliknya sangat besar.

12. Berpaling dari kegaduhan.
Memelihara diri dr kelembutan dalam ucapan,menjauhi kata2 yg kasar,maka sesungguhnya ungkapan yg lembut menjinakkan jiwa yg membangkan.

14. Berfikir.
Berhias dgn merenung,sesungguhnya orang yg merenung niscaya mendapat dan dikatakan renungkanlah niscaya engkau mendapat.

15. Teguh dan kokoh.
Berhiaslah dgn sikap teguh dan kokoh terutama di dlm musibah dan tugas penting.Di dalamnya sabar,teguh di saat tak bertemu dlm waktu yg lama dalam menuntut ilmu dgn para guru,maka sesungguhnya orang yg teguh akan tumbuh.

Rabu, 21 April 2010

Bahaya memasang foto di internet bag.2

Tabarruj memiliki berbagai macam bentuk seperti
* menampakan sebagian anggota tubuhnya di hadapan laki2 lain.
* menampakan perhiasan termasuk di dalamnya pakaian yg ada di balik jilbab.
* berjalan berlenggak lenggok di hadapan lelaki lain.
* memukul kaki untk menampakan perhiasan yg dipakainya.
* bercampur baur dgn kaum laki2 bersentuhan dgn mereka,berjabat tangan dan berdesak2an di tempat umum.

Bagi seorang wanita hendaklah meniru apa yg dilakukan oleh anak perempuan Nabi Syu'aib sebagaimana yg diceritakan oleh ALLAH dalam surah Al Qashash 25 "Kemudian datanglah kepada musa salah seorang dan kedua wanita itu berjalan kemalu maluan".

Umar radhiallahu anhu berkata Dia datang dgn berjalan penuh malu seraya menutup wajahnya dgn bajunya.dia bukanlah wanita yg tak punya malu,banyak omong dan berani dgn lawan jenis.tak pula seorang wanita yg suka keluar masuk rumah ( Tafsir Ibnu Katsir dgn sanadnya yg shahih 3/384).

Ibnu Qayyim Al Jauziyah Berkata pandangan adalah suatu dorongan yg muncul pertama kali ketika seseorang melihat sesuatu.apabila dorongan tsbt jelek itu adalah dorongan syahwat.menjaga pandangan merupakan benteng dari kemaluan.siapa yg sengaja melepaskan pandangan sama artinya menuntun dirinya kepada kebinasaan.

jikalau para lelaki kebetulan melihat wanita lihatlah hanya sepintas saja.jangan diulangi karna pandangan yg kedua bukan milik anda.

pandangan merupakan awal kejadian buruk yg menimpa manusia.pandangan dapat melahirkan perasaan dan akan melahirkan fikiran yg kemudian syahwat yaituh syahwat untuk melampiaskan keinginan sehingga bisa berdampak buruk menjadi penyakit.

dalam hal ini dikatakan Sabar memejamkan pandangan akan lebih ringan akibatnya daripada sabar terhadap rasa pedih sesudahnya membiarkan pandangan lepas.

Seorang penyair mengatakan :
Semua kejadian permulaanya adalah pandangan,
besarnya api karna bermula dari percikan kecil.
Berapa banyak pandangan mengenai hati pemiliknya,
Seperti mengenanya anak panah atau busur dgn talinya.
Pandangan mata akan berhenti pada perasaan dan bayangan,
mudah cara mengatakan,suaranya tdk berbahaya,
tiada sambutan menyenangkan ia kembali membawa bencana (ad-Da 'wa ad-Dawa')

Maka dari itu maukah engkau saudariku menjadi pintu awal terjadinya fitnah sebuah pandangan?

Wahai saudariku,apabila engkau menampakan foto dirimu di internet lalu dimanakah esensi hijab Al Haya' ( rasa malu) sbg seorang muslimah sejati.
"Sesungguhnya setiap agama itu memiliki ahlak dan ahlak islam adalah malu"
"Malu adalah bagian dari iman dan iman tempatnya di syurga".

Ghirah adalah benteng pelindung yg menjaga kehormatan wanita,menahanya untk tdk melepas hijabnya,menampakan aurat dhadapan umum.Ghirah adalah sikap yg harus selalu melekat pada diri yg akan selalu menegakan amar ma'ruf nahi mungkar.

Menasehati saudara2 muslimah kita untuk selalu beriltizam dgn aturan ALLAH dalam berpakaian,bersikap,bertutur kata dan bergaul.hanya dgn inilah setelah taufik dari ALLAH yg bs menyelamatkan wanita dari godaan syetan,tipu daya musuh2 islam yg menjadikan mereka untuk menghancurkan agama ini dan menyelamatkan mereka dr jurang kehinaan dan kenistaan,menjaga mereka dari neraka dan murka serta siksaan dari ALLAH.

Hijab selaras dgn cemburu yg merupakan fitrah.berapa banyak peperangan yg terjadi pada masa jahiliyya dan masa islam akibat cemburu atas wanita dan untk menjaga kehormatannya.

Ali Radhiallahu anhu mengatakan Telah sampai kepadaku bhw wanita2 kalian berdesakan dgn lelaki kafir orang ajam(non arab) dipasar2.tidakkah kalian merasa cemburu?sesungguhnya tak ada kebaikan pada seseorang yg tak memiliki rasa cemburu.

Cemburu dgn aturan ALLAH adalah sesuatu yg terpuji dalam islam dan salah satu jihad yg disyariatkan. Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata Rasulullah bersabda "Sesungguhnya ALLAH itu cemburu dan sesungguhnya seorang mukmin itu cemburu dan cemburu ALLAH adalah jika seorang mukmin melakukan sesuatu yg di haramkan kepadanya" (Mutafaq 'Alaih).

sebagai saudara seiman cuma sekedar ini yg bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Bahaya memasang Foto di Internet

Apa alasan memasang foto di internet ? Alasan yg paling logis adalah sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah.karna kita tau bahwa ukhuwah dimulai dari saling mengenal,saling memahami,menolong dll.mungkin pula mereka ingin memberikan contoh dalam tata cara berpakaian muslimah yg sesuai dgn syariat.ataukah dgn berbagai alasan2 lain.

Namun suatu kebaikan tidaklah dapat di capai dgn cara yg bathil seperti yg telah dikatakan oleh Abdullah bin Mas'ud radhiallahu anhu ketika mengingkari pelaku dzikir yg menghitung dgn batu2 kecil yg mereka anggpa sbg suatu kebaikan beliau berkata "Betapa banyak orang menginginkan kebaikan tapi mereka tak dapat meraihnya".

Bukankah tanpa memasang foto ukhuwah bisa tetap tegak dan dakwah tetap bisa berjalan.

Bahaya Foto di internet.

kita akan mengulas fenomena yg bisa akan terjadi menjadi suatu sumber fitnah baik bagi dr sang akhwat maupun bagi orang lain yg kebetulan sedang melihatnya.
Pertama : kita tentu menyadari internet adalah ruang publik yg bisa dimanfaatkan semua orang hampir tanpa batasan.dan diantara orang2 tsbt pastilah terdapat orang yg ingin berbuat zhalim.dgn teknologi betapa mudahnya setiap orang memanipulasi gambar yg di inginkan.dgn memasang foto maka dgn mudah membuka peluang orang2 zhalim memanfaatkan,memanipulasi atau mengubah sesuai apa yg di inginkan dan sangat besar dampaknya foto yang awalnya berbalut dgn pakaian muslimah tetapi bisa dimanipulasi sehingga seakan telanjang ataupun setengah telanjang.Na udzubillah...

Kedua : akhwat aktivis dakwah adalah tauladan bagi bg muslimah.namun apa jadinya para ujung tombak dakwah bagi teman2 terdekatnya melakukan suatu hal yg tak sepatutnya dilakukan.saat muslimah yg awwam terlihat fotonya di jejaring sosial,dunia maya hal ini bisa kita maklumi dan lumrah.namun apa jadinya kalau seandainya kita bagikan suau nasehat agar tak melakukan hal itu karna bisa menjadi suatu fitnah.dan tentulah mereka akan menjawab "orang aktivis aja melakukan hal itu apalagi aku yg mash jauh dari nilai2 agama".dan menganggap tidaklah bertentangan dgn dalih orang yg paham agama pun melakukan jua.

Ketiga : wajah ayu di sebuah profil yg terkesan sholeha menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi kaum adam.maka berlomba lombalah mereka untuk menjadi teman dgn dalih ingn menjalin ukhuwah yg padahal terkadang hanya didasari sebuah keinginan untuk memiliki sosok tsbt.sehingga makin menjadikan para ikhwan yg di hatinya terdapat penyakit menjadi semakin terjerumus dalam asyiknya pertemanan.dari sisi ini pertama sang pelaku sudah melanggar tidak mendukung usaha para ikhwan untuk mengamalkan salah satu firman ALLAH dalam surah An Nuur 30 yg artinya "Katakanlah kepada laki2 yg beriman Hendaklah mereka menahan pandanganya,dan memelihara kemaluannya yg demikian itu adalah suci bagi mereka.sesungguhnya ALLAH maha Mengetahui apa yg mereka perbuat".
Dalam sebuah hadist,Nabi bersabda kepada Ali radhiallahu anhu "Wahai ali,janganlah engkau susul pandangan dgn pandangan lg,karna pertama menjadi bagianmu dan yg kedua bukan lagi menjadi bagianmu dosa atasmu"(Hr.Ahmad,At Tirmidzi dan Abu Daud).
Dalam hadist lain mengatakan pandangan mata itu laksana anak panah beracun dari berbagai macam anak panah iblis,barangsiapa menahan pandanganya dari keindahan2 wanita maka ALLAH mewariskan kelezatan dalam hatinya yg akan didapatkan hingga hari dia bertemu denganNYA.

wahai saudariku maukah engkau menjadi salah satu penghalang bagi saudaramu didalam menegakkan syariat agama,

Keempat : akhwat yg menampakkan foto dirinya telah melanggar larangan untuk tidak TABARRUJ dan SUFUR.Tabarruj artinya seseorang wanita menampakkan sebagian anggota tubuhnya atau perhiasanya di hadapan laki2 asing.sedangkan Sufur adalah seorang wanita menampakkan wajah di hadapan lelaki lain.Oleh karna itu Tabarruj lebih umum cakupannya daripada Sufur karna mencakup wajah dan anggota tubuh lainnya.

Tabarruj di haramkan dalam syariat berdasarkan ayat Al Quran dan jg Hadist antara lain :
"Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah berhias dan bertingkah laku seperti orang2 jahiliyah yg dahulu"(Al Ahzab 33).
"Dan perempuan2 yg telah terhenti dari haid dan mengandung yg tiada ingin kawin lagi tiadalah atas dosa menanggalkanya pakaian mereka dgn tak bermaksud menampakan perhiasan dan berlaku sopan adalah lebh baik bg mereka dan ALLAH maha mendengar lagi maha Bijaksana"(An Nur 60)
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata Rasulullah bersabda "Ada dua kelompok penduduk neraka yg belum pernah aku lihat.kaum yg membawa cemeti seperti ekor sapi yg memukuli orang2 denganya dan para wanita yg berbaju tapi mereka telanjang,berlenggak lenggok kepala mereka bagaikan punuk unta yg bergoyang.wanita2 itu tak masuk syurga dan tak mendapatkan baunya padahal bau syurga bisa tercium sejauh sekian dan sekian"(Hr.Muslim no.3971 dan 5098).

dan kaum muslimin pun telah sepakat akan haramnya tabarruj sebagaimana yg dituturkan oleh Al Imam Ash Shan'ani dalam kitabnya Minhatul Ghaffar 'Ala Dlauin Nahar 4/2011-2012

BERSAMBUNG ...

Permasalahan tentang pemasangan foto di internet.

Pembahasan mungkin lebih menjurus pada subyek adalah para akhwat.namun dalam pembahasan dan hukum di dalamnya juga bisa untuk para ikhwan,penulis lebih prihatin dgn keadaan beberapa akhwat yg dari zhahirnya bisa ditebak kualitas pemahaman agamanya.dimana seharusnya mereka menjadi tauladan bagi kaum muslimah yg belum terjamah oleh dakwah,justru mereka malah menjadi salah satu sumber yg kalau tak berlebihan disebut fitnah.dan fitnah mereka adalah lebih besar dibanding ikhwan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda " Sesungguhnya wanita adalah aurat maka apabika ia keluar,syetan akan menghias hiasinya di mata laki laki" (Hr.At Tirmidzi dishahikan oleh Al Albani).
"Tidaklah aku tinggalkan satu fitnah yg berbahaya yg lebih berbahaya bagi laki laki fitnah wanita"(Muttafaq 'alah).

Cara mereka mengaktualisasikan diri dgn memasang foto diri telah menjadi fenomena yg bisa menjadi berbahaya bagi dirinya sendiri.

Hukum Gambar atau Foto.
Beberapa hadist diantaranya :
1. Dari Aisyah Radhiyallahu anha bahwasanya ia membeli bantal kecil yg ada gambarnya .ketika Rasulullah melihatnya beliau berdiri di depan pintu tak mau masuk.maka Aisyah mengetahui ada tanda kebencian di muka Rasulullah,lalu iapun berkata ya Rasulullah aku bertaubat kepada ALLAH dan RasulNYA dosa apakah yg telah kuperbuat? Rasulullah menjawab Bagaimana halnya bantal itu? Aisyah menjawab Saya membelinya agar engkau duduk dan bersandar di atasnya.Kata Rasulullah Sesungguhnya orang2 yg membuat gambar2 ini akan disiksa pada hr kiamat dan akan dikatakan kepada mereka Hidupkanlah gambar2 yg kalian buat itu.kemudian beliau Bersabda sesungguhnya Rumah yg ada gambar2 yg bernyawa didalamnya tak akan dimasuki malaikat (Muttafaqun 'alaih).
2. Manusia yg paling pedìh siksanya di hari kiamat ialah meniru ciptaan ALLAH.Sedangkan para pelukis dan penggambar adalah orang2 yg meniru ciptaan ALLAH (Muttafaqun'alaih).
3. Bahwasanya Nabi ketika melihat gambar2 di rumah,beliau tidak mau masuk sebelum gambar itu di hapus (Hr.Bukhari).

Fatwa para ulama Ahlussunnah juga sudah jelas bahwa berdasarkan hadist mereka sepakat mengharamkan gambar mahluk bernyawa.

Mengikuti Syari'at dan Larangan melakukan Bid'ah.

Dari Aisyah radhiallahu anha berkata,Rasulullah bersabda "Barangsiapa mengada-adakan perkara baru dalam urusan agama kami ini,maka hal itu tertolak" (Hr.Bukhari no 2550 dan Muslim no.1718).Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda "Barangsiapa mengerjakan suatu amalan tanpa ada dasar dari urusan agama kami maka ia tertolak".(Hr.Muslim no.1718 dan Bukhari dalam satu bab shahinya di juz 6 hal.2675).

Jadi makna hadist adalah bhw siapa saja yg memunculkan suatu perkara baru dalam agama yang tak ada asal atau dasar,maka perkara itu tertolak.Secara tekstual hadist ini menunjukan bhw setiap amalan yg tak ada dasarnya berarti tertolak dan secara kontekstual menujukkan bhw tiap amalan ada dasarnya dari syariat berarti tdk tertolak atau bhw amalan trsbt diterima (lihat Jami' Al-'Ulum wal Hikam 1/163 dan Qawaid wa Fawaid hal 76).

Banyak faedah yg dapat kita ambil dan yg terpenting diantaranya adalah :

1. Kewajiban mengikuti syariat dalam beragama.
Maknanya adalah dalam menjalankan agama,baik dlm mslah aqidah,ibadah,ahlak,muamalah,maupun lainya.Kita wajib untuk mengikuti syariat.Beberapa dalil yg menunjukan hal itu diantaranya
Dari Al-Qur'an
"Hai orang2 yg beriman taatilah ALLAH dan taatilah Rasul Nya dan ulil amri diantara kamu.Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu,maka kembalikanlah ia kepada ALLAH (Al Quran) dan Rasul (sunnah) jika kamu benar2 beriman kpd ALLAH dan hari akhir..Yg demikian itu lebh utama bagimu dan lebh baik akibatanya (An nisa 59).
Dari As-Sunnah.
"Telah kutinggalkan untk kalian dua perkara yg selama kalian berpegang teguh dgn keduanya kalian tdk akan tersesat yaituh Kitabullah dan Sunnahku".(hr.Hakim 1/172,Daruquthni 149).
Sabda Nabi dalam hadist Al 'Irbadh bin Sariyah "berpegang tegulah kalian dgn sunnahku dan sunnah para khulafa Rasyidin yg mendapat petunjuk setelahku".

2. Larangan mengadakan Bid'ah dalam agama.
Bid'ah pada hakekatnya adalah sesuatu dlm agama yg menandingi cara yg telah disyariatkan dgn tujuan agar mendapat nilai lebih dalam beribadah.Padahal kita telah diperintahkan untuk ber ittiba'karna agama islam ini telah sempurna sehingga sudah cukup dgn apa yg disyariatkan oleh ALLAH dan RasulNYA dan yg telah diterimah oleh Ahlussunnah wal jamaah dari generasi sahabat dan org2 yg mengikuti mereka dgn baik.(Mukhtarat Majmu' Fatawa Syaikh bin Baz hal.271.Cet Jam'iyyah ihya At Torunts,th.1418 H).

Selasa, 20 April 2010

Sufi Hakiki dan Sufi Palsu bag.2

Para pemimpin dan guru2 sufi dari Ahlus sunnah wal jamaah berpendapat bahwa para sahabat dgn berkat ajaran dan kehadiran Nabi adalah dalam keadaan zawq kerohanian yg tinggi martabatnya.Tapi setelah zaman berlalu,keadaan keruhanian yg baik semakin hari semakin berkurang,menipis.

Dalam zaman ini ahli2 sufi yg sebenarnya yang sesuai dgn syariat makin lama makin berkurang jumlah mereka.Ahli sufi yang hakiki dapat dikenali dgn cara : yang pertama Zahir mereka yaituh mereka mengamalkan syariat dan yang kedua batin mereka boleh dijadikan contoh teladan karna mereka mewarisi keruhanian Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wasallam.

Sebenarnya contoh manusia yang paling baik adalah Nabi Besar Muhammad Shallallahu'Alaihi wasallam.Beliau sebenar benar sufi yang hakiki.Syariat dan hakikat hendaklah bersama seiring jalan untuk berkesinambungan agama dalam kehidupan mu'min dan mu'minah sejati.

Semoga kita dapat memetik hikmah dan berusaha meluruskan aqidah kita masing2 dalam menjadi manusia yang lebih baik manusia yg bermoral,berahlak yg baik yang sesuai dgn tuntunan ajaran islam.Manusia tak luput dari salah dan khilaf tapi bagaimana kita bisa menyadari kesalahan dan kehilafan kita untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Sufi Hakiki Dan Sufi Palsu bag.1

Orang2 yg mengikuti perjalanan ruhani menuju ALLAH (ahli suluk atau ahli thariqah) terbagi dua golongan.

YANG PERTAMA ialah golongan ahlussunah wal jama'ah.Mereka mematuhi ajaran Al Qur'an dan As Sunnah.Mereka mengikuti panduan dalam perkataan dalam bertindak,dalam pemikiran dan dalam perasaan mereka.Mereka mengikuti maksud di dalam hati atau intisari yg tersirat dan yg terpendam dalam ajaran islam.Mereka sangat paham dan tak mengikuti,mereka mematuhi ajaran islam sepenuhnya,menghayati,dan menikmati manisnya ajaran dan prinsip ibadah bukan karna paksaan,tetapi mereka merasa nikmat melakukanya.Inilah jalan keruhanian yg mereka patuhi.Mereka adalah kaum pecinta ALLAH yg sebenarnya.

Ada sebagian dari mereka yg dijanjikan dgn surga tanpa di hisab terlebh dahulu di hari pengadilan.Ada sebagian merasakan sedikit azab di hari pembalasan.Kemudian dimasukan ke surga.Ada pula yg terpaksa merasakan azab neraka untuk sekian lama guna membershkan dosa2 mereka sebelum dimasukan ke surga,tetapi tak ada yg berada selama2nya dalam neraka itu.Yang kekal dalam neraka ialah orang2 kafir dan orang2 munafik.

YANG KEDUA ialah kaum yg sesat atau kaum sufi yg palsu terdiri dari berbagai golongan,diantara golongan yang sesat antara lain :

1. Golongan Hululiyyah : mereka berpendapat adalah halal melihat badan orang yg bukan mahramnya,yg menggiurkan nafsu dan paras cantik yg bisa mendorong kepada zina,baik lelaki maupun wanita,siapapun baik anak atau istri orang.Mereka berbaur anatara lelaki dan wanita menari bersama sama.Hal ini jelas berlawanan dgn ajaran dan prinsip islam.

2. Golongan Haliyyah : mereka gemar menyanyi,menari,memekik,menjerit dan menepuk tangan.Konon dalam keadaan demikian mereka dapat mengatasi dan melampui hukum2 syariat islam.Tak perlu lagi bersyariat karna telah melampui peringkat syariat.Hal ini jelas sesat karna Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam sendiri pun mengikuti syariat,walaupun beliau kekasih ALLAH Subhana wa ta'alah.

3. Golongan Awliyaiyyah : mereka mendakwakan diri dekat dgn ALLAH.Dgn kata lain telah mencapai peringkat Awliyah ALLAH.Apabila telah jadi waliyullah tak perlu lg sholat,puasa,haji dan ibadah lainnya.Mereka berpendapat bahwa seorang wali menjadi Anak ALLAH dan dgn itu mereka lebh tinggi derajatnya dari Nabi.Mereka mengatakan bahwa ilmu atau wahyu sampai kepada Nabi melalui malaikat Jibril tetapi waliyullah menerima ilham atau hikmah langsung dari ALLAH.Pendapat mereka inilah salah dan sesat yg akan membawa mereka kpd kebinasaan dan akan menjerumuskan mereka ke lembah bid'ah dan kafir.

4. Golongan Syamuraniyyah : mereka percaya kalam/perkataan adalah kekal dan barangsiapa menyebut kalam yg kekal/kalam ALLAH itu tak terikat dgn hukum atau syariat islam.Mereka tak peduli dgn hukum halal atau haram.Dalam upacara ibadah mereka menggunakan alat musik.Wanita dan lelaki berbaur menjadi satu.Tak ada hijab lelaki dgn wanita.Ini sudah jelas dan menyimpang jauh dari ajaran Al Qur'an.

5. Golongan Hubbiyyah : golongan ini berkata bahwa apabila seseorang sampai ke peringkat cinta,mereka tak lagi berada di bawah hukum syariat.Mereka tak peduli dgn paksaan.Kadang mereka bertelanjang tak ada rasa malu pada diri mereka.Ini merupakan ajaran menyimpang.

6. Golongan Hurriyah : mereka senang berteriak2,memekik,menyanyi,katanya mendapatkan zawq/ekstase.Mereka mendakwa bahwa dalam keadaan zawq itu mereka bersenggama dgn bidadari.Setelah mereka keluar dari keadaan zawq mereka pun mandi hadas.Mereka tertipu oleh nafsu mereka sendiri.

7. Golongan Ibahiyyah : mereka tak menyuruh berbuat baik dan tak melarang berbuat jahat sebaliknya menghalalkan yg haram.Zinapun di halalkan.Bagi mereka semua wanita halal untuk semua lelaki.Ini merupakan golongan yg sesat dan miskin yg meminta sedekah dari rumah ke rumah.Mereka beranggapan bhw mereka menerima azab ALLAH yg hina.

8. Golongan Mutajahiliyyah : mereka berpura2 bodoh dan berpakaian tak senonoh dan bersikap seperti orang kafir.Padahal ALLAH berfirman dalam surah Huud 113 " dan janganlah kamu cenderung kepada orang2 yg zalim yg menyebabkan kamu disentuh api neraka".Begitupula Nabi dalam sabdanya "barangsiapa mencoba menyerupai suatu kaum maka mereka dikira sebagai ahli kaum itu".

9. Golongan Wafiqiyyah : mereka berpendapat Bahwa ALLAH yg mampu mengenal ALLAH.dgn itu mereka tak mau berusaha mencari hakekat atau kebenaran.Karna kebodohan mereka itu.Mereka ke jurang kerusakan dan kesesatan.

10. Golongan Ilhamiyyah : mereka ini mementingkan ilham.Tak mau menuntut ilmu dan tak mau belajar.Mereka berkata bahwa Al Qur'an adalah hijab bagi mereka.Mereka menggunakan puisi karangan mereka sebagai ganti Al Qur'an.Mereka membuang Al Qur'an dan meninggalkan ibadah sholat,puasa dll.Mereka mengajarkan anak2 mereka berpuisi sebagai ganti Al Qur'an.Maka sesatlah mereka.

Sebenarnya golongan sesat dari kaum yg mengaku dirinya sufi itu akan terus ada disetiap masa baik dari golongan kaum muslimin yg melenceng dari jalan yg benar maupun dari golongan kaum kafir juga.

BERSAMBUNG ...

Pendapat ulama ahlussunah tentang tasawwuf bag.3

16. Shaikh Rashad Rida
beliau berkata "Tasawuf adalah salah satu pilar dari pilar2 agama.Tujuanya adalah untuk membersìhkan diri dan mempertanggung jawabkan prilaku sehari2 dan menaikan manusia menuju menuju maqam spritual yang tinggi". {Majallat al-Manar,jilid 1 hal.726}.

17. Maulana Abul Hasan 'Ali an-Nadwi
beliau anggota the islamic-Arabic Society of india and Muslim countries.Dalam,muslims in india hal 140-146 beliau berkata "Para sufi ini memberi inisiasi pada manusia ke dalam keESAAN ALLAH dan keikhlasan dalam mengikuti Sunah Nabi dan dalam menyesali kesalahan dan dalam menghindari setiap maksiat kepada ALLAH.Petunjuk mereka merangsang orang2 untuk berpindah ke jalan kecintaan kepada ALLAH".

18. Abdul 'Ala Mawdudi
Dalam Mabadi al Islam hal 17.Beliau berkata "Tasawuf adalah kenyataan yg tandanya adalah cinta kpd ALLAH dan RasulNYA,dimana seorang meniadakan diri mereka karna tujuan mereka cinta dan seseorang meniadakan diri dari segala sesuatu selain cinta ALLAH dan Rasul.Tasawuf mencari ketulusan hati,menyucikan niat dan kebenaran untuk taat dalam seluruh perbuatan".

19. Dr.Yusuf Qardhawi,guru besar universitas Al Azhar.
"arti tasawuf dalam agama ialah memperdalam ke arah bagian ruhaniah,ubudiyya dan perhatianya tercurah seputar permasalahan itu".Beliau jg berkata "mereka para tokoh sufi sangat berhati2 dalam meniti jalan diatas garis yg ditetapkan oleh Al Qur'an dan As Sunnah.Bersìh dari fikiran dan praktek yg menyimpang baik dalam ibadah atau fikiranya.Banyak orang yg masuk islam karna pengaruh mereka banyak org yg durhaka dan lalim kembali bertaubat karna jasa mereka.Dan tak sedikit yg mewariskan pada dunia islam.Yg berupa kekayaan besar dari peradaban dan ilmu,terutama di bidang marifat,ahlak dan pengalaman2 di alam ruhani.Semua itu tak dapat di ingkari.

Demikianlah sebagian pengakuan para ulama besar kaum muslimin tentang Tasawuf mereka mengakui kebenaranya dan mengambil berkah ilmu tasawuf dgn belajar serta berkhidmat kepada para syaikh pada masanya masing2 oleh karna itu tak ada bantahan terhadap kebenaran ilmu ini,mereka yg menyebut tasawuf sbg ajaran sesat atau bid'ah adalah orang2 yg tertutup hatinya terhadap kebenaran,mereka tak mengikuti jejak-jejak para ulama kaum salaf yg menghormati dan mengikuti ajaran tasawwuf islam.
Wallahu'alam.

Pendapat ulama ahlussunnah tentang tasawwuf bag.2

7. Imam Jalaluddin as Suyuti (ulama besar ahli tafsir Qur'an dan Hadist).
Beliau berkata "tasawuf yg dianut oleh ahlinya adalah ilmu yg paling baik dan terpuji.Ilmu ini menjelaskan bagaimana mengikuti Sunnah Nabi dan meninggalkan bid'ah".{Ta'yad al Haqiqat al'Aliyyah,hal 157}.

8. Imam Al-Qusairy (465 H/1072 M).
Beliau menulis dalam risalahnya ALLAH membuat golongan ini yg terbaik dari wali2Nya Dan dia mengangkat mereka di atas hamba2Nya sesudah para Rasul dan Nabi dan Dia memberi hati mereka Rahasia kehadiran Ilahi Nya dan Dia memilih mereka diantara UmatNYA yg menerima cahayaNYA.Mereka adalah sarana kemanusiaan,mereka mensucikan diri dr segala hubungan dgn dunia dan Dia mengangkat mereka kedudukan tertinggi dalam penampakan (kasyf).Dan Dia membuka kepada mereka kenyataan akan ke EsaanNYA.Dia membuat mereka untuk melìhat KehendakNYA.Mengendalikan diri,Dia membuat mereka Bersinar dalam wujudNYA,dan menampakan sebagai Cahaya2Nya. {ar-Risalat al Qushayriyyah 2}.

9. Imam Ghazali (450-505 H/1058-1111 M).
Hujjat ul Islam berkata "saya tahu dgn benar bahwa para sufi adalah pencari jalan ALLAH dan bahwa mereka melakukan yg terbaik dan mereka adalah jalan terbaik.Dan ahlak mereka paling suci.Mereka menyucikan hati mereka dari selain ALLAH dan mereka menjadikan diri mereka sbg jalan bagi sungai untuk mengalir kehadiran Ilahi" {al Munqidh min ad Dalal 131}.

10. Tajuddin as-Subki
"Semoga ALLAH memuji mereka dan memberi salam kpd mereka dan menjadikan kita bersama di dalam syurga.Banyak hal yg telah dikatakan tentang mereka dan terlalu banyak orang2 bodoh yg mengatakan hal2 yg tak berhubungan dgn mereka.Dan yg benar adalah mereka meninggalkan dunia dan menyibukan diri dgn ibadah".Dia berkata "mereka adalah manusia2 yg dekat dgn ALLAH yg doa dan Shalatnya diterima ALLAH dan melalui mereka ALLAH membantu manusia". {Mu'id an-Na'im,hal 190}.

11. Imam Nawawi (620-676 H/1223-1278 M).
"Ciri jalan sufi ada 5 : menjaga kehadiran ALLAH dalam hati pada waktu ramai dan sendiri.Mengikuti Sunah Rasul dalam perkataan dan perbuatan,menghindari ketergantungan kpd orang lain,bersyukur pada pemberian ALLAH meski sedikit dan selalu menyandarkan segala sesuatu hanya kepadaNYA". {Maqasid at-Tahwid 20}.

12. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (661-728 H).
Beliau awalnya salah seorang ulama yg dikenal keras menentang tasawuf,namun pada akhirnya beliau mengakui bahwa tasawuf adalah jalan kebenaran sehingga beliaupun mengambil bai'at dan menjadi pengikut thariqah Qadiriyyah.Beliau berkata didalam kitab Majmu al Fatawa ibn Taimiyyah,terbitan Dar Ar Rahmat,kairo vol 11 hal 497,dalam bab tasawuf "kalian harus mengetahui bahwa para syaikh yg terbimbin harus diambil dan di ikuti sebagai petunjuk dan teladan dalam agama,karna mereka mengikuti jejak para Nabi Dan Rasul.Thariqah para syaikh itu menyeru manusia kepada kehadiran dalam hadirat ALLAH dan ketaatan kpd Nabi".Kemudian dlm kitab yg sama hal 499,beliau berkata "para syaikh harus kita ikuti sebagai pembimbing mereka adalah teladan kita dan kita harus mengikuti mereka.Karn ketika berhaji kita memerlukan petunjuk menuju ALLAH dan Nabi kita".Diantara para syaikh sufi yg beliau sebutkan dalam kitabnya adalah Syaikh Ibrahim ibn Adham ra,guru kami Syaikh Ma'ruf al karkhi ra,syaikh Hasan al Basri ra,Sayyidah Rabi'ah al Adawiyyah ra,guru kami Syaikh Abdul Qadir al Jailani,syaikh Ahmad ar Rifa'i ra,dll.Di dalam kitab Syarh al Aqidah Al Asfahaniyyah hal 128 berkata "kita saat ini tidak mempunyai seorang imam yg setara dgn Malik,al Auza'i,at Tsauri,Abu hanifah,as Syafi'i,Ahmad bin Hanbal,Fudhail bin iyyadh,ma'ruf al karkhi dan orang2 yg sama dgn mereka."kemudian sejalan dgn gurunya,Ibnu Qayyim Al Jauziyyah Didalam kitab Ar Ruh Telah mengakui dan mengambil hadist dan riwayat2 dari para pemuka sufi.

13. Imam Syatibiy
"Tasawuf bukan termasuk perkara bid'ah dan bukan pula permasalahan yg dapat dipecahkan dgn dalil yg mutlak,karna perkara terbagi2.Untk lebh mudah dipahami lafazh tasawuf harus diterangkan terlebh dahulu agar hukumnya menjadi jelas dan terperinci .Karna menurut para ulama mutakhkhirin tasawuf adalah perkara yg global" {al-i'thisham hal 237}.

14. Imam ibn Qayyim (wafat 751 H).
Beliau berkata "kita menyaksikan kebesaran orang2 tasawuf dalam pandangan salaf bagaimana yg telah disebut oleh Sufyan ath-Tsauri,beliau berkata "jika tidak karna Abu Hisham as-Sufi saya tak pernah mengenal bentuk munafik yg kecil (riya') dalam diri.Lanjut Ibn Qoyyim : diantara orang terbaik adalah sufi yang mempelajari fiqh". {Manazil as-Sa'irin}.

15. Abdullah Ibn Muhammad Ibn 'Abdul wahhab (1115-1201 H).
Beliau berkata "Anakkku,saya tak mengkritik ilmu tasawuf,tetapi sebaliknya kami mendukungnya karna ia menyucikan baik lahir maupun batin dari dosa tersembunyi yang berhubungan dgn hati dan bentuk batin.Meskipun seseorang secara lahir benar,secara batin mungkin salah dan untuk memperbaikinya tasawuf diperlukan".{ar-Rasa'il ash-Shakhsiyya,hal 11,serta hal 12,61 dan 64}.

BERSAMBUNG ...

Senin, 19 April 2010

Pendapat ulama ahlussunnah tentang Tasawwuf bag.1

Sesungguhnya tasawuf adalah bagian dari islam.Untuk mencapai kesempurnaan ibadah dan keyakinan dalam islam.Para ulama besar kaum muslimin sama sekali tak menentang tasawuf.Karna banyak dari mereka yang belajar tasawuf.Para ulama berkhidmat dibawah bimbingan seorang syeikh bahkan walaupun ulama itu lebih luas wawasanya tentang pengetahuan islam,namun mereka tetap menghormati para syeikh.Hal ini dikarenakan keilmuan yg diperoleh dari jalur pendidikan formal adalah ilmu lahiriyah,sedangkan untuk memperoleh ilmu bathiniyah dalam membentuk qalbun salim dan kesempurnaan ahlak,harus belajar untuk bertasawuf.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata : "Tasawuf adalah ilmu tentang kenyataan dan pengalaman.Sufi adalah orang yg menyucikan dirinya dari segala sesuatu yg menjauhkan dari mengingat ALLAH dan orang yg mengisi dirinya dgn ilmu hati dan ilmu fikiran dimana harga emas dan batu adalah sama saja baginya.Tasawuf menjaga makna2 yg tinggi dan meninggalkan mencari ketenaran dan egoisme untuk meraih keadaan yg penuh dgn kebenaran.Manusia terbaik sesudah Nabi adalah Shidiqin."Dan barangsiapa yg mentaati ALLAH dan RasulNYA,Mereka itu orang2 di anugrahi ni'mat oleh ALLAH yaituh Nabi,para shaddiqqiin,orang2 yg mati syahid dan orang2 yg saleh.Dan mereka itulah teman yg sebaik2nya. (An nisa 69)" {Majmu'a fatawa Ibn taymiyya al-kubra,Dar ar-Rahmah,cairo}.

Imam syatibi mengatakan Tasawuf itu perilaku berahlak dgn ahlak yg terpuji dan meninggalkan ahlak yg tercela.Dan melupakan hal2 yg berkaitan dgn dirinya dan selalu bersama ALLAH.Kedua pengertian tsbt pada hakekatnya memiliki satu arti,namun yg satunya diartikan sbg awal perjalanan dan yg satunya adalah akhir perjalanan.Kedua pengertian tersebut adalah sifat Tasawuf.Namu pengertian pertama tak berhubungan dgn keadaan sdgkan yg kedua berhubungan dgn keadaan".

Empat orang Imam madzhab sunni semuanya mempunyai seorang guru syeikh.Melalui syaikh itulah mereka mempelajari islam.Mereka menyadari bahwa ilmu syariat harus di dukung oleh ilmu Tasawuf sehingga tercapailah pengetahuan sejati mengenai hakekat ibadah yg sebenarnya.

Tapi tak dipungkiri segolongan umat islam yg menisbahkan diri sebagai generasi yg paling bersesuaian dgn salaf, terang2an menentang dan memusuhi tasawuf.Tidak terkira mereka menghujat para sufi dan ajaranya.Mereka menghadapkan antara keimanan dan kekafiran.Mereka menuding pengikut tasawuf atau yg mencoba membela tasawuf sebagai ahlu dhalal,musuh sunnah,ahlu zindiq dan tudingan buruk lainnya.NAUDZUBILLAH

Para pembenci tasawuf bisa berbenah diri dan juga agar terpisah dgn jelas manakala ajaran tasawuf dan mana yg hanya ajaran pendompleng yg mengaku ngaku sebagai tasawuf tetapi sebenarnya adalah musuh tasawuf itu sendiri.Maka dari itu kami akan membahas tentang pokok tasawuf agar lebih memudahkan untuk mempelajari dan mengetahui yang sebenarnya.

1. Imam Abu Hanifah (pendiri madzhab hanafi).Beliau justru adalah murid dari ahli silsilah thariqat Nasqsybandiyah yaituh Imam Jafar As Shadiq Ra.Berkaitan dgn hal ini,Jalaluddin as Suyuthi dalam kitab Durr al Mantsur meriwayatkan bahwa Imam Abu Hanifah berkata "jika tidak karna dua tahun,Nu'man telah celaka.Karna dua tahun saya bersama Sayyidina Imam Jafar As Shadiq,maka saya mendapatkan ilmu spritual yg membuat saya lebih mengetahui jalan yg benar". {Ad-Durr al-Mukhtar,vol 1:43}.

2. Imam Maliki (Malik bin Anas Ulama besar pendiri madzhab maliki).
Beliau juga murid Imam jafar as Shadiq ra,mengungkapkan pernyataanya "barangsiapa mempelajari,mengamalkan tasawuf tanpa fiqih maka dia telah zindik,dan barangsiapa mempelajari fiqih tanpa tasawuf dia tersesat.Dan siapa yg mempelajari tasawuf dgn disertai fiqih dia meraih kebenaran".{kitab 'Ali al-Adawi Dari keterangan Imam Abil-Hassan,vol 2:195}.

3. Imam Syafi'i (Muhammad bin idris, 150-205 H ,ulama besar pendiri madzhab Syafi'i).
Beliau berkata "Saya berkumpul bersama orang2 sufi dan menerima 3 ilmu :
- mereka mengajariku bagaimana berbicara
- mereka mengajariku bagaimana memperlakukan orang lain dgn kasih sayang dan kelembutan hati.
- mereka membimbingku ke dalam jalan tasawuf" {Kashf al-Khafa and Muzid al-Albas ; Imam 'Aljuni Vol 341}.

4. Imam Ahmad bin Hanbal (164-241 H,ulama besar pendiri madzhab hanbali).
Beliau berkata "Anakku,kamu harus duduk bersama orang2 sufi,karna mereka adalah mata air ilmu dan mereka selalu mengingat ALLAH dalam hati mereka.Mereka adalah Zuhud yg memiliki kekuatan spritual yg tertinggi.Aku tak melihat orang yg lebih baik dari mereka". {Ghiza al Albab,vol 1 hal 120 dan Tanwir al Qulub,hal 405,Syaikh Amin al Kurdi}.

5. Syaikh Fakhruddin ar Razi (544-606 H,ulama besar dan ahli Hadist).
"jalan para sufi adalah mencari ilmu untuk memutuskan hati dari kehidupan dunia dan menjaga diri agar selalu sibuk dalam fikiran dan hati mereka dgn mengingat ALLAH pada seluruh tindakan dan prilaku". {I'tiqad al Furaq al Musliman hal 72,73}.

6. Ibn Khaldun (733-808 H, ulama besar dan filosof islam).
"jalan sufi adalah jalan salaf,yakni jalannya para ulama terdahulu di antara para sahabat Rasulullah,tabi'in,dan tabi'it -tabi'in.Asasnya adalah beribadah kepada ALLAH dan meninggalkan perhiasan serta kesenangan dunia". {Muqadimah ibn Khaldun,hal 328}.


BERSAMBUNG ....

Sabtu, 17 April 2010

Isi ajaran Tasawuf

Beberapa isi pokok ajaran tasawuf agar supaya kita dapat lebih mengenal dan memaknai tasawuf yang sebenarnya.

1. Tasawuf Akhalaqi
a. Takhalli Yaituh membersihkan diri dari sifat tercela.
b. Tahalli Yaituh mengisi diri dengan sifat yang terpuji.
c. Tajalli yaituh terungkapnya nur untuk hati.
d. Munajat adalah memohon,melaporkan aktivitas diri pada ALLAH.
e. Muraqabah dan Muhasabah.
f. Memperbanyak wirid dan dzikir.
g. Selalu mengingat kematian.
h. Tafakkur.

2. Tasawuf 'Amali
a. Syariah mengikuti hukum agama.
b. Thariqah perjalanan menuju ALLAH.
c. Haqiqah Aspek batiah dari syariah.
d. Ma'rifat pengetahuan mengenal TUHAN melalui hati.
e. Jalan mendekatkan diri kepada ALLAH dgn beberapa muqamat atau tahapan,tingkatan yaituh Taubah (pembersihan diri dari dosa),Zuhud (sederhana dalam duniawi),sabar (pengendalian diri),Tawakkal (berserah diri),Ridha (menerima qada dan qadar dgn ikhlas),Mahabbah (cinta kpd ALLAH),dan Ma'rifat (mengenal keesaan TUHAN).
f. Ahwal kondisi mental dengan mempelajari Khauf (merasa takut kepada ALLAH), Raja'(optimis terhadap karuniaNYA), Syauq (rindu padaNYA), Yaqin (memantapkan pengetahuan tentangNYA).

3. Tasawuf Falsafi
a. Fana' dan Baqa' lenyapnya kesadaran dan kekal.
b. Ittihad bersatunya antara manusia dengan TUHAN.
c. Hulul penyatuan sifat ketuhanan dgn sifat kemanusiaan.
d. Wahdah al-Wujud alam ALLAH Adalah sesuatu yang satu.
e. Isyraq pancaran nur atau cahaya.

Asal Kata Tasawwuf

Tasawwuf mengandung beberapa arti yaituh :

1. Safa dalam arti suci dan sufi adalah orang yg mensucikan dan berusaha menyucikan diri mereka melalui berbagai macam ibadah

2. Saf (barisan).Yang dimaksud ialah barisan pertama dalam mesjid.Saf pertama ditempati oleh orang2 yg cept datang ke mesjid dan banyak membaca ayat2 Al Qur'an,berdzikir dan inilah perbuatan dlm membersihkan diri dan Dekat dgn TUHAN.

3. Ahl al Suffah yaituh para sahabat yg hijrah bersama Nabi Ke madinah dengan meninggalkan harta kekayaan di mekah.Di madinah mereka hidup sbg orang miskin tinggal di mesjid Nabi dan tidur diatas bangku batu dgn memakai suffah (pelana)sbg bantal.Ahl al Suffah sungguhpun tak mempunyai apa2,tp berhati baik serta mulia dan tidak mementingkan dunia.Ini pula sifat2 para sufi.

4. Suf (kain wol).Dalam sejarah tasawwuf.Kalau seseorang ingn memasuki jalan tasawuf,ia meninggalkan pakaian mewah yg biasa dipakainya dan di ganti dgn kain wol kasar yg ditenun secara sederhana.Pakaian ini melambangkan kesederhanaan serta kemiskinan dan kejauhan dari dunia.

5. Tasawwuf berasal dari bahasa yunani shophos artinya hikmat atau pengetahuan.

Kata Tasawwuf merupakan bentuk masdar dari kata kerja tasawwafa yg berarti memakai suf seperti taqammasa yg memiliki arti memakai qamis.

Sebuah kesimpulan bhw para sufi selalu hidup dgn jiwa yg mengutamakan rasa dan mementingkan pengagungan TUHAN selalu merasakan kehadiratNYA.Adapun menurut Abu al-Wafa tasawuf adalah falsafah hidup dan cara tertentu dalam tingkah laku manusia yaituh untuk merealisasikan kesempurnaan moral,pemaknaan hakekat dan kebahagian rohani.

Dgn demikian beberapa unsur yg melekat pada ilmu tasawuf :

1. Merupakan ilmu pengetahuan yg bersifat Ruhani.Pengetahuan tak bisa dirasakan dgn lahiriyah tetapi hanya dapat dirasakan,di usahakan dgn jiwa karna datangnya dr ALLAH subhana wataalah.

2. Mendekatkan diri kepada ALLAH.Pendekatan untk mencapai pengenalan dan jika sudah memiliki dekatnya dgn TUHAN maka ia akan diberi anugrah pengetahuan.

3.Cara untuk mencapai kedekatan diri dgn ALLAH dgn penyucian jiwa dgn menampik semua keindahan selain ALLAH dan menyatu orientasi pada ALLAH."dan orang2 yg berjihad untk mencari keridhaan kami benar2 akan kami tunjukkan kpd mereka jalan2 kami dan sesungguhnya ALLAH benar2 beserta org yg berbuat baik" (Al Ankabut 69).

Asal Usul Tasawwuf

Karna timbulnya anggapan2 yg mengatakan tasawuf timbul dalam islam sesudah umat islam kontak dgn agama kristen,filsafat yunani,hindu,dan budha.Ada jg yg mengatakan bhw pengaruh datang dari rahib2 kristen.Pengaruh filsafat yunani dikatakan berasal dr pemikiran mistik pythagoras serta filsafat emansi plotinus.

Dari agama budha pengaruhnya dikatakan dr konsep Nirwana yg dapat dicapai dgn meninggalkan dunia sedangkan pengaruh agama hindu dikatakan datang dari ajaran atman dgn brahman melalui kontemplasi dan menjauhi dunia materi.

Tapi pada Hakekatnya Tasawwuf islam kita adalah mendekatkan diri kpd TUHAN.Dalam ajaran islam TUHAN memang sangat dekat dengan manusia."jika hambaku bertanya kepadamu tentang aku,maka aku dekat dan mengabulkan seruan orang yg memanggil,jika aku dipanggil" (Al Baqarah 186).

Kaum sufi mengartikan doa adalah berseru agar TUHAN Mengabulkan seruanya untuk melihat TUHAN dan berada dekat kepadaNYA.dgn kata lain agar ALLAH membuka hijab,hidayaNYA.Dalam firman yg lain dalam Surah Qaaf 16 yg berbunyi "Telah kami ciptakan manusia dan kami tau apa yg dbisikkan dirinya kepadanya.Dan kami lebih dkat dgn manusia daripada pembuluh darah yg ada di lehernya".Ayat ini menjelaskan bhw ALLAH berada dalam diri manusia makanya dalam hadist mengatakan "Siapa yg mengenal dirinya maka dia mengenal TUHAN".

Untuk mencari TUHAN,sufi tak perlu pergi jauh cukup masuk ke dalam dirinya dan TUHAN yg dicarinya akan ia jumpai dalam dirinya.Gambaran serupa ini tidak memerlukan pengaruh dari luar agar seorang muslim dapat merasakan kedekatan dgn NYA.Dan inilah Hakekat Tasawwuf.

Sufisme/tasawuf adalah ajaran dan doktrin moralitas.Faham yg mengajarkan hubungan antara TUHAN dan hambanya.Bermuara dari mutiara ayat2 Al Quran dan Sunnah.Karna Tujuan tasawuf adalah mendekatkan diri kepada Sang Khalid.Untuk dapat mendekatiNYA seorang harus suci dari kotoran jasmani yg dapat dibershkan dgn ilmu syariat lahiriyah.Sdg kotoran bathinyah yaituh ahlak.

Tasawuf adalah kendaraan untk mengantarkan pd pensucian jiwa rohani agar menjadi bersh dan mendekati ALLAH..Kendaraan tsbt berupa khauf,raja',taubah,zuhud,tawakal,syukur,sabar dll sebagaiman dalam beberapa surah yaituh Al Maidah 83, Ar Ra'd 2, Ali Imran 191. Al Mukmin 55, Ibrahim 7, An Nisa 77, At Talaq 3, Al Hujurat 13, Ibrahim 7.

DASAR ILMU TASAWWUF

Tasawwuf Islam adalah sebagaimana ilmu islam lainnya.Ilmu tasawwuf terlahir dengan memiliki dalil dan penuh pertimbangan yang sudah matang.Para sufi yang tak kenal berikhtiar mensucikan bathin dari segala noda dosa yang tak diridhoi ALLAH.

Adapun dasar keberadaan ilmu Tasawwuf yaituh AL-QUR'AN,AL-HADIST,IJMA'ULAMA,IJTIHAD 'ULAMA,QIYAS,ILHAMULLAH dan HIDAYATULLAH.

Dari 7 dasar itulah menjadi dasar keberadaan ilmu tasawwuf.Terlepas dari keritikan negatif dari orang2 yang ilmunya belum benar2 mendalami,mempelajari lebih mendalam dan orang2 yang di hatinya ada iri,dengki kepada sufi ALLAH dan juga dari orang2 yang hati dan fikirannya sama sekali tidak mengakui keberadaan kebenaran keESAAN serta kekuasanNYA.jadi wajarlah mereka berfikir negatif tentang tasawwuf karna tak mempelajari lebih dalam.

Berdasarkan AL QUR'AN banyak materi yg trdapat dlm Al Quran dan hadist membidani lahirnya tasawuf.Seperti dalam Surah Al Maidah 54 yg menerangkan bhw ALLAH menurunkan kaum yg memiliki cinta/mahabbah.Cinta adalah sebuah rasa dan keadaan jiwa yg dpt mendamaikan kehidupan.Selanjutnya dlm Al Quran selalu ditekankan kpd org2 yg beriman untuk mensucikan jiwa.Proses penyucian dalam tasawuf dinamakan Tazkiyatun Nafs.

Dalam surah Al Baqarah 115 Menerangkan konsep mahabbah dan wahdat al wujud.Konsep2 inilah sangat penting dalam tasawuf.

Dalam surah Al Baqarah 186 dan Qaf 16 menerangkan bahwa ALLAH sangat dekat.Untuk itu berlaku hati2lah terhadap prilaku karna ALLAH selalu melihat.ALLAH maha mendengar,ini merupakan ajaran tasawuf yg selalu ditekankan.

Dalam surah Fathir 5 dan An Nisa 77 juga menerangkan untuk tak terikat pada kehidupan duniawi yg serba material karna kehidupan ini akan sia sia ia tak dapat mencapai tujuan yg hakiki hidup di dunia.

Di lain ayat mengajarkan Takwa,syukur,sabar,ridho dan tawakkal ini merupakan ajaran2 dan pakaian bagi seorang penempuh jalan Ruhani.Yg kita bisa lihat dalam surah Al Hujurat 13, Az Zumar 39, Ibrahim 7, Al Mu'min 55, Al Maidah 119.

Berdasarkan SUNNAH.Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam merupakan panutan dan tuntunan hidup kaum sufi untuk mendekatkan diri pd ALLAH.At-Taftazani membagi kehidupan Rasul dalam 2 bagian yg pertama sebelum diangkat menjadi Rasul dan kehidupan ketika sudah diangkat menjadi Rasul.

Sebelum diangkat menjadi Rasul,beliau mengasingkan diri ditempat sunyi khususnya di bulan Ramadhan beliau merenung dan meminta petunjuk di Gua hira.Jauh dari keramaian dan kesibukan duniawi,beliau bertafakur dan menyucikan diri.Dalam keadaan inilah ALLAH memberikan petunjuk dan mengangkatnya sebagai Rasul.

Kehidupan inilah yg menjadi inspirasi bagi para sufi melakukan riyadlah agar kesucian jiwa terpenuhi demi mendapatkan pengenalan dan menjadi kekasih ALLAH.Setelah diangkat menjadi Rasul tak ada sesaat pun dalam kehidupan beliau yang tak tercatat dan terekam oleh umatnya,perintah,perilaku,dan laranganya serta penetapanya dijadikan sumber hukum setelah Al Quran dan inilah dijadikan pegangan bagi para kaum sufi.

Dalam sebuah doa beliau " ya ALLAH hidupkanlah aku dalam kemiskinan dan matikanlah aku selaku orang miskin" (Hr.At tirmidzi,ibn majah,dan hakim).

Dlm riwayat lain disebutkan bhw beliau datang ke rumah istirinya Aisyah ternyata dirumah tak ada makanan hal tersebut diterimah dgn sabar dan beliau menahan laparnya dgn berpuasa (Hr.Abu daud,at tirmidzi dan nasa'i).Begitpula hadist lain bhw beliau memiliki sifat yg terpuji seperti kasih sayang,penyantun,suka memberi,suka berterimakasih dsb.Hal ini yg ditunjukan Pada Aisyah ketika ditanya tentang ahlak.Ahlaknya adalah Al Qur'an (hr.Ahmad dan muslim).

Beliau adalah suri tauladan untuk seluruh umat manusia,yg berusaha dipraktekan oleh kaum sufi.Diceritakan dalam riwayat Aisyah suatu malam beliau mengerjakan sholat malam karna panjang dan banyak rakaatnya,lututnya bergetar tak kala sujud terdengar suara tangisnya namun beliau tetap melaksanakn sholat.Melihat Nabi maka Aisyah bertanya "wahai tuan bukankah dosamu yg terdahulu dan yg akan datang telah diampuni ALLAH Mengapa engkau banyak melakukan sholat?Beliau menjawab Aku ingin menjadi hamba yg banyak bersyukur" (Hr.Bukhari dan Muslim).Rasulullah pun juga sering berdzikir "sesungguhnya aku meminta ampun kepada ALLAH dan bertobat kepadaNYA setiap hari 70x (Hr.Muslim).

Dlm prilaku beliau sering memberikan nasehat bagaimana laku hidup yg baik agar dekat dgn ALLAH "Zuhudlah terhadap dunia niscaya ALLAH akan mencintaimu" (Hr.Ibn majah,At thabrani,al hakim dan Baihaqi).

Dalam hadist qudsy "brgsiapa yg memusuhi wali Ku maka aku umumkan permusuhanku terhadapnya.Tak ada sesuatu yg mendekatkan hambaku kepada yg lebih Ku sukai dari pengalaman segala yg kufardlukan atasnya.Kemudian hambaku senangtiasa mendekatkan diri padaku dgn melaksanakan amal2 Sunah,maka aku senangtiasa mencintainya.Bila aku jatuh cinta kepadanya jadilah aku pendengaranya yg denganya ia mendengar,aku penglihatanya yg dgnya ia melihat.Aku tanganya yg dgnya ia memukul.Aku kakinya yg dgn itu ia berjalan.Bila ia memohn kpdku Aku perkenankan permohnanya jika ia meminta perlindungan,ia aku lindungi (hr.Bukhari).

Beberapa sumber diatas dijadikan bukti dan penguat bhw Al Quran dan Hadist Mendukung bentuk dan teori tasawuf.Jika sekalangan pendapat mengatakan bhw praktek zuhud,kewalian dan teori2 falsafi bukanlah ajaran Nabi sungguh sgt disayangkan karna persepsi yg demikian sangat bersifat interpreatif,subyektif dan tdk mendasar.